Selasa 24 Mei 2022, 16:18 WIB

Pakai Produk Lokal Upaya Bangun Kemandirian Bangsa

Siti Yona Hukmana | Ekonomi
Pakai Produk Lokal Upaya Bangun Kemandirian Bangsa

Antara
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat

 

WAKIL Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta warga Indonesia konsisten mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Menurutnya, meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri bagian dari upaya membangun kemandirian bangsa.

"Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini harus terus digaungkan dan menjadi fokus perhatian kita agar dorongan peningkatan kinerja perekonomian nasional terus terjadi," kata Lestari dalam keterangan tertulis, Selasa (24/5)

Lestari menyebut sejak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) diluncurkan pada Kamis, 14 Mei 2020, tercatat 17,2 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masuk market place dan memasarkan produknya secara daring pada 2021. Jumlah itu 57 persen dari 30 juta UMKM yang ditargetkan memanfaatkan market place pada 2023.

Menurut Lestari, target menghubungkan sektor UMKM dengan market place itu agar bisa memasarkan produknya secara daring. Hal itu, kata dia, langkah strategis dari sisi pembukaan seluas-luasnya pasar bagi produk-produk UMKM lokal.

Namun, Rerie, sapaan akrab Lestari itu menyebut jauh lebih penting mendorong peningkatan kecintaan terhadap produk lokal ketimbang menghubungkan sektor UMKM. Agar jumlah transaksi produk-produk dalam negeri di market place konsisten meningkat.

Rerie ingin para pelaku UMKM konsisten mendapat penguatan untuk peningkatan kualitas produk. Agar terus mampu bersaing di pasaran.

Sementara itu, masyarakat sebagai konsumen, kata dia, harus konsisten mendapatkan edukasi pentingnya menggunakan produk-produk lokal dalam aktivitas keseharian. Secara nasional, Gerakan Bangga Buatan Indonesia disebut langkah strategis dalam upaya mewujudkan kemandirian bangsa.

"Di tengah banyaknya perubahan di sektor politik dan ekonomi yang terjadi di tingkat global, membangun kemandirian bangsa harus menjadi salah satu langkah yang dikedepankan dalam pembangunan negeri ini," pungkas politisi Partai NasDem itu. (OL-8)

Baca Juga

Dok. HUB.ID

HUB.ID Accelerator Jaring Startup Potensial Tanah Air untuk Dikembangkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 18:08 WIB
Sejalan dengan misi mempercepat pengembangan ekosistem digital tanah air, rangkaian promotional roadshow juga bertujuan untuk...
Dok. BPJS Ketenagakerjaan

Monev Inpres 2/2021 di Kaltim dan Kaltara, Dorong Non ASN dan Pekerja Rentan Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:58 WIB
Andie Megantara mengatakan, pada prinsipnya setiap warga negara Indonesia berhak atas jaminan sosial dan negara wajib mengembangkan sistem...
ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA

Di Forum TIIWG, Kadin Beberkan Pentingnya Reformasi WTO

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:26 WIB
WTO juga diminta memberdayakan usaha kecil dan membantu untuk berintegrasi ke dalam rantai pasokan dan nilai global untuk usaha mikro dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya