Senin 09 Mei 2022, 15:10 WIB

Data BPS: Sektor Pertanian Serap Lapangan Kerja Tertinggi di Tahun 2022

mediaindonesia.com | Ekonomi
Data BPS: Sektor Pertanian Serap Lapangan Kerja Tertinggi di Tahun 2022

Antara
Kepala BPS Margo Yuwono.

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif, di mana distribusi penduduk yang bekerja mencapai 29,96% atau sekitar 1,86 juta orang pertahun (YonY). Dengan demikian, kata Kepala BPS Margo Yuwono, sementara tingkat pengangguran tahun 2022 mengalami penurunan yang cukup signifikan.

"Pada Februari 2021 angkanya masih 6,26% dan sekarang turun menjadi 5,83%," ujar Margo dalam berita resmi statistik yang digelar melalui video conference, Senin, 9 Mei 2022.

Di sisi lain, Margo mengatakan Nilai Tukar Petani (NTP) yang dihitung berdasarkan tahunan (YonY) juga mengalami kenaikan. NTP pada April 2022 mencapai 108,46 atau lebih tinggi jika dibandingkan nilai NTP April 2021 yang hanya 102,93.

Baca Juga: Hari Pertama Kerja, Mentan SYL Ajak Pegawai Lebih Semangat

Selain NTP, Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP) pada April 2022 mengalami kenaikan cukup tinggi jika dibandingkan kondisi NTUP April 2021, di mana angkanya hanya 103,55. Sedangkan NTUP tahun ini mencapai 108,64. Meski demikian, baik NTP maupun NTUP yang dihitung secara bulanan mengalami penurunan.

Menurut Margo, penurunan terjadi karena indek harga yang diterima petani nilainya lebih rendah jika dibandingkan dengan indek yang harus dibayarkan petani. "Indek harga yang diterima petani kenaikannya hanya meningkat 0,06% sementara indek yang dibayar petani 0,83%," katanya.

Terpisah, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menjelaskan bahwa penurunan NTP dibeberapa sektor disebabkan biaya produksi pada beberapa komoditas yang meningkat, namun penerimaan petani tetap baik karena permintaan tinggi untuk komoditas pangan dan pertanian terutama saat puasa dan Hari Raya Lebaran 2022.

Kuntoro menyampaikan terimakasih atas kerja keras petani, peternak dan semua pihak dalam mendorong sektor pertanian yang jauh lebih kuat dan mandiri. Karena itu, Kuntoro mengajak masyarakat untuk menjaga momemtum ini agar perranian dan kesejahteraan petani tetap tumbuh secara baik.

"Apalagi saat ini kita sedang menghadapi panen raya di seluruh daerah. Momemtum ini harus kita jaga bersama agar tidak terjadi penurunan harga hasil panen" ujarnya. (RO/OL-10)

Baca Juga

DOK BEA CUKAI

Jaga Keberlangsungan Ekspor, Bea Cukai Sigap Berikan Pelayanan untuk Pelaku Usaha Dalam Negeri

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 19:26 WIB
Untuk terus menjaga keberlangsungan ekspor, Bea Cukai Parepare dan Bea Cukai Bandung memberikan asistensi dan pelayanan...
DOK BEA CUKAi

Jaring Potensi Ekspor Daerah, Bea Cukai Lawan Pelaku UMKM

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 19:15 WIB
Bea Cukai terus berupaya mengasistensi para pelaku UMKM di berbagai daerah agar dapat mengekspor...
DOK BEA CUKAI

Optimalkan Pengawasan Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai Jalin Sinergi dengan TNI dan Polri

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 19:04 WIB
Bea Cukai berupaya bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya, seperti TNI dan Polri, untuk optimalisasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya