Rabu 04 Mei 2022, 16:00 WIB

Telan Ratusan Miliaran Rupiah, PUPR Rehabilitasi 3 Faskes di Sulteng

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Telan Ratusan Miliaran Rupiah, PUPR Rehabilitasi 3 Faskes di Sulteng

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

 

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya memulihkan kondisi pascabencana gempa bumi dan likuifaksi yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng) 2018 silam.

Menelan ratusan miliaran rupiah, Kementerian PUPR merehabilitasi fasilitas kesehatan (faskes) yang rusak, di antaranya Rumah Sakit Anutapura dan Puskesmas Tipo di Kota Palu serta Rumah Sakit Torabelo di Kabupaten Sigi.

Baca juga: Mudik Lebaran, Penumpang Bandara AP II Tembus 2 Juta Lebih Orang

“Pendekatannya adalah build back better (mitigasi bencana)* tidak sekadar membangun dengan kerentanan yang sama,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dalam keterangan resmi, Rabu (4/5).

Ia menjelaskan bahwa penanganan pascabencana Sulteng meliputi tahap tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Saat ini Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya tengah membangun Gedung AMC RS Anutapura. Pembangunan gedung ini menggunakan metode pelaksanaan konstruksi terintegrasi rancang dan bangun (design and build). 

Pekerjaan yang dimulai pada 1 Desember 2021 dan ditargetkan selesai pada 25 Mei 2023 ini progres fisiknya mencapai 15%. Pekerjaan ini dilaksanakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dengan nilai kontrak Rp234,7 miliar.

PUPR menyebut RS Anutapura merupakan salah satu rumah sakit vital yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Palu. Di 2020, kementerian itu telah merehabilitasi 22 bangunan RS ini yang rusak. Pekerjaan terbagi dalam dua tahap, di mana pada Tahap 1A dikerjakan 8 bangunan dan Tahap 1B 14 bangunan.

Kemudian, fasilitas kesehatan di Kota Palu lainnya yang tengah direhabilitasi Kementerian PUPR adalah Puskesmas Tipo di Kecamatan Palu Barat. 

Kegiatan rehabilitasi meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pengecatan dan pekerjaan pintu serta jendela. Progres fisik rehabilitasi Puskesmas Tipo ini mencapai 36,25%.

Rehabilitasi Puskesmas Tipo dimulai pada 16 Desember 2021 dan ditargetkan selesai pada 13 Juni 2022. Rehabilitasi ini dilaksanakan oleh kontraktor PT Karya Putera Mandiri Adisarana dengan nilai kontrak Rp943 juta.

Di Kabupaten Sigi, Kementerian PUPR juga melakukan rehabilitasi Gedung IGD dan rekonstruksi gedung laundry RS Torabelo di Kecamatan Sigi Biromaru. Pekerjaan ini dimulai pada 14 Oktober 2021 dan ditargetkan selesai pada 27 Mei 2022. 

Saat ini progres fisik mencapai 78,75%. Rehabilitasi dan rekonstruksi rumah sakit ini dilakukan oleh kontraktor PT Nurman Abadi dengan nilai kontrak Rp3,29 miliar.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah Sahabuddin mengatakan di samping fasilitas kesehatan, Kementerian PUPR juga melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan Gedung Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Tengah. 

“Rehabilitasi dan rekonstruksi meliputi pekerjaan persiapan dan pembongkaran, pekerjaan gedung seluas 12.468 m2 serta bangunan lain," ucapnya. 

Rehabilitasi dan rekonstruksi dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya dan konsultan MK PT Yodya Karya dengan anggaran Rp131,11 miliar. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Pendaftaran BBM Subsidi Lewat Website MyPertamina Khusus untuk Roda Empat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:46 WIB
“60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengkonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM...
Ist

Menuju Kelas Dunia, IPCC Terminal Kendaraan Luncurkan Logo Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:12 WIB
Perjalanan itu kini membawa IPCC dalam posisi dari yang sebelumnya hanya sebagai Car Terminal Operator menuju Car Terminal...
Dok. Pribadi

Membangun Brand Bukan Hanya Sekedar Viral, Tapi Butuh Originalitas Untuk Bertahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:07 WIB
Ian menegaskan, strategi viral marketing memang bisa membuka prospek, namun tidak bisa diimplementasikan untuk semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya