Jumat 29 April 2022, 14:51 WIB

Bandara Ngurah Rai Telah Layani 133 Ribu Penumpang Internasional

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Bandara Ngurah Rai Telah Layani 133 Ribu Penumpang Internasional

Wikipedia
Bandara Ngurah Rai

 

Sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 3 Februari silam, tercatat hingga Kamis (28/04) sebanyak 859 pergerakan pesawat dan 133.083 penumpang terlayani

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi menjelaskan, jika dirinci angka tersebut, terdapat 79.326 penumpang dan 435 pergerakan pesawat yang datang ke Bali, serta 53.757 penumpang dan 424 pergerakan pesawat yang berangkat meninggalkan Bali.

Di sisi lain, Bandara I Gusti Ngurah Rai kedatangan dua maskapai yang membuka rute penerbangan baru pada Kamis (28/4) siang. Maskapai itu adalah Pelita Air yang terbang perdana ke Bali dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta.

Serta maskapai asal Vietnam, VietJet Air, yang kembali beroperasi menghubungkan rute Ho Chi Minh City dengan Bali.

"Kami optimistis pembukaan kembali rute ini akan dapat menunjang pertumbuhan penumpang rute internasional di Bali," kata Faik dalam keterangan resmi, Jumat (29/4).

Maskapai Pelita Air resmi beroperasi menghubungkan rute Jakarta-Bali pulang pergi setelah penerbangan dengan nomor 6D102 yang mengangkut 100 penumpang.

Sedangkan maskapai asal Vietnam, VietJet Air, menjadi maskapai ke-13 yang melayani rute internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Penerbangan rute Ho Chi Minh City menuju Bali menggunakan nomor penerbangan VJ893, serta mendarat di Bali pada pukul 13.38 WITA kemarin dengan mengangkut 201 penumpang.

Berdasarkan jadwal, Pelita Air akan melayani rute Jakarta-Bali setiap hari. Pelita Air menjadi maskapai ke-10 yang melayani rute domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, di mana setiap harinya bandara yang merupakan pintu gerbang udara utama Pulau Bali ini melayani rata-rata 140 pergerakan pesawat dan 8.400 penumpang per harinya.

"Dengan beroperasinya Pelita Air melayani rute domestik ke Bali, kami berharap dapat semakin menambah angin segar bagi sektor aviasi dan pariwisata di Bali," pungkas Faik.

Dengan beroperasinya maskapai VietJet Air, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai melayani 10 rute penerbangan internasional reguler, yaitu Singapura, Melbourne, Sydney, Tokyo, Kuala Lumpur, Doha, Istanbul, Perth, Bangkok, dan Ho Chi Minh City. (OL-12)

Baca Juga

Antara/Asep Fathulrahman.

Inflasi Tahunan Melejit, BI belum Naikkan Suku Bunga Acuan

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:49 WIB
Secara tahunan, inflasi komponen inti tercatat mencapai 2,63% dan dari Januari-Juni 2022 mencapai...
Antara/Asep Fathulrahman.

Inflasi Tahunan Juni Lampaui Target 4%, BPS: Perlu Waspada

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:41 WIB
Penyebab lonjakan inflasi karena cuaca esktrem yaitu hujan masih turun sepanjang Juni kemarin dan berdampak pada wilayah sentra produksi...
Antara/M Risyal Hidayat.

Telan Biaya Besar, Pembangunan Pelabuhan Hijau Butuh Komitmen Serius

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:30 WIB
Penanaman pohon di pelabuhan lebih sulit terutama pelabuhan yang kawasannya berdiri di atas tanah hasil...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya