Rabu 13 April 2022, 17:15 WIB

Transformasi Digital UMKM Jadi Kunci Bertahan di Masa Pandemi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Transformasi Digital UMKM Jadi Kunci Bertahan di Masa Pandemi

Antara
Ilustrasi digital

 

MASA pandemi covid-19 menjadi momentum bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk melihat dan merasakan langsung manfaat dari transformasi digital. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan AYO SRC yang dikembangkan Sampoerna bagi toko kelontong binaan serta pendampingan bagi UMKM.

AYO SRC menyediakan beragam layanan untuk mendukung kegiatan usaha sektor ritel skala UMKM. Komunitas yang berdiri pada 2008 dengan 57 toko di Medan, kini sudah mempunyai anggota lebih dari 160 ribu toko kelontong yang tersebar di 34 provinsi.

Direktur Komersial Sampoerna Ivan Cahyadi menuturkan, SRC bermula dari perhatian tim komersial Sampoerna terhadap para toko yang bermitra. "Tim lapangan Sampoerna ketika itu gelisah melihat toko kelontong semakin terdesak karena tidak punya modal, tidak punya akses ke digital, dan sebagainya," tutur Ivan dalam siaran pers, Rabu (13/4/2022).

Ivan menambahkan, sesuai Falsafah Tiga Tangan, Sampoerna selalu percaya keberhasilan perusahaan juga harus diimbangi dengan keberhasilan retailer, mitra, dan juga pemangku kepentingan lainnya, untuk bertumbuh bersama.

"Dan dari sanalah dengan berpegang terhadap Falsafah Tiga Tangan yang merepresentasikan konsumen dewasa, karyawan dan mitra usaha, serta masyarakat luas, kami membentuk program untuk membantu toko kelontong meningkatkan bisnis mereka dan ikut digitalisasi," lanjutnya.

Keberadaan aplikasi AYO SRC membuat segalanya menjadi lebih baik lagi. Berbagai fitur lain diperkenalkan AYO SRC untuk mendukung tumbuh kembang toko kelontong. Salah satunya adalah akses pembayaran digital Pojok Bayar, yang memungkinkan konsumen untuk melakukan transaksi digital mereka melalui toko kelontong. Konsumen dapat melakukan pembayaran tagihan, paket internet, top-up dompet elektronik, dan lainnya.

Permodalan juga menjadi salah satu perhatian dari SRC bagi para toko kelontong anggota. Dengan Pojok Modal, SRC membuka akses permodalan, menghubungkan anggota dengan layanan peer-to-peer lending terpercaya yang bermitra dengan Sampoerna. Fitur ini sangat membantu anggota SRC yang selama ini belum dapat tersentuh oleh layanan perbankan. 

Selama masa pandemi yang telah memasuki tahun ketiga pada 2022, hasil penelitian menyebutkan UMKM yang paling mampu menghadapi tantangan pandemi adalah mereka yang mulai melakukan transformasi digital. Dengan digitalisasi, mereka tetap dapat bertransaksi dan melayani konsumen secara digital. Hal ini juga meningkatkan daya saing UMKM, khususnya dibandingkan pelaku retail modern yang mungkin telah lebih dahulu memanfaatkan teknologi digital. (RO/A-3)

Baca Juga

Dok.Ist

MR.DIY Hadirkan Toko ke 400 di Labuan Bajo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 07:00 WIB
 Dalam lima tahun terakhir, MR.DIY secara pesat terus menambah jumlah...
Dok.South Pacific Viscose

South Pacific Viscose Tampilkan Produk Serat Ramah Lingkungan di Indointertex-Inatex 2022

👤Antara 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:27 WIB
Kedua merek serat yang didistribusikan SPV di Indonesia, TENCEL™ dan LENZING™ECOVERO™, berbahan dasar kayu yang...
ANTARA/NOVA WAHYUDI

Pemerintah Ubah Tarif Batas Bawah Bea Keluar CPO

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
"PMK 123 ini mengatur perubahan batas bawah pengenaan tarif bea keluar CPO dan produk turunannya yang semula US$750 per metrik ton...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya