Rabu 13 April 2022, 06:00 WIB

Christian Sugiono Berbagi Kiat Sukses Berbisnis

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Christian Sugiono Berbagi Kiat Sukses Berbisnis

Instagram @csugiono
Aktor Christian Sugiono

 

Selain aktif di dunia hiburan tanah air, aktor Christian Sugiono juga dikenal memiliki banyak bisnis mulai dari bidang kuliner, kecantikan hingga penginapan. Suami dari Titi Kamal ini pun berbagi kiat sukses bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis.

Christian mengatakan ada dua kunci utama yang bisa dipegang teguh bagi seseorang yang ingin memulai bisnis, yakni adaptif dan growth mindset.

Adaptasi yang dimaksud Christian adalah selalu melihat situasi yang berkembang. Dari sana, biasanya akan ada berbagai peluang baru, salah satu contohnya adalah ketika pandemi Covid-19 datang.

"Adaptif itu adalah kita selalu melihat situasi yang berkembang, entah digital, pandemi. Karena kadang-kadang kalau kita bisa adaptasi dengan suatu tren atau kejadian atau transformasi, biasanya ada peluang di dalamnya," ujar Christian di Jakarta, Selasa (12/4).

Lebih lanjut Christian menjelaskan, growth mindset adalah cara berpikir seseorang untuk terus berkembang dan memahami apa yang terjadi di sekitar. Dalam posisi ini, pebisnis dituntut untuk berada pada zona nyaman dan mampu menciptakan sesuatu yang baru untuk menjalankan usahanya.

"Bahwa apapun yang dilakukan tujuannya adalah untuk berkembang. Poinnya adalah seorang entepreneur harus berani mencoba sesuatu yang baru, berani keluar dari comfort zone," kata Christian.

Dalam membangun bisnis, pelaku usaha baiknya tidak hanya berfokus pada produknya saja. Sebab menurutnya, selama ini bagian yang paling penting dan sering dilupakan adalah bagaimana mengelola pencatatan keuangan.

"Saya melihat finansial itu kayak peta navigasi, berapa dana yang kita punya, berapa pembayaran yang kita lakukan, kalau di situ hilang jadinya bisa nyasar. Itu dari pengalaman saya dan saya pernah melakukan kesalahan itu," ujarnya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...
ANTARA

Indodax: Penurunan Harga Bitcoin saat ini Siklus Empat Tahunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:45 WIB
Siklus empat tahunan tersebut sering dimanfaatkan orang untuk membeli dan mengumpulkan aset...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya