Kamis 07 April 2022, 10:16 WIB

KKP Gandeng Kadin Tingkatkan Investasi Berbasis Ekonomi Biru

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP Gandeng Kadin Tingkatkan Investasi Berbasis Ekonomi Biru

Antara/Iggoy el Fitra
Ilustrasi

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk meningkatkan investasi serta mendorong pertumbuhan usaha sektor kelautan dan perikanan berbasis ekonomi biru di Indonesia.

Penandatangan nota kesepahaman kedua belah pihak berlangsung di Gedung Mina Bahari IV, Jakarta Pusat, Rabu (6/4).

"Kerja sama ini harus segera ditindaklanjuti namun tetap harus memperhatikan ekologi, kita jaga wilayah konservasi, pulau-pulau kecil," ungkap Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Sakti Wahyu Trenggono dalam keterangan resmi.

Cakupan ekonomi biru yang dimaksud antara lain pengelolaan sumber daya ikan melalui penangkapan ikan terukur, peningkatan kualitas pengelolaan kawasan konservasi, pengawasan pembangunan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta seluruh aktivitas pembangunan yang memanfaatkan ruang laut. “Ditargetkan akan terjadi pertumbuhan ekonomi wilayah dan nasional, penyerapan tenaga kerja, peningkatan devisa negara, peningkatan penerimaan negara dari pajak," tambahnya.

KKP sendiri telah menetapkan program terobosan untuk pembangunan sektor kelautan dan perikanan Indonesia yang sesuai dengan prinsip ekonomi biru. Meliputi penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia, peningkatan PNBP dan kesejahteraan nelayan, yang akan didukung dengan sistem pengawasan terintegrasi berbasis teknologi satelit.

Kemudian pengembangan perikanan budidaya dengan komoditas berorientasi ekspor, yaitu udang, lobster, kepiting, dan rumput laut. Serta pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal, dengan komoditas unggulan di air tawar, di pesisir/air payau, dan di laut.

Sementara itu, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyambut baik sinergi program dan kerja sama dengan KKP untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif dan meningkatkan investasi serta mendorong pertumbuhan usaha berbasis ekonomi biru (blue economy).

“Kami akan melakukan sinergi terkait dengan program pengembangan dunia usaha di bidang kelautan dan perikanan hingga ada peningkatan investasi," terang Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid .

Menurutnya, roadmap pengembangan blue economy di Indonesia akan menjadi pedoman untuk menetapkan sektor ekonomi biru yang tepat dan berkelanjutan serta memberikan manfaat bagi pertumbuhan berbagai sektor perikanan. “Akan diperlukan investasi kumulatif dari beberapa investasi yang berkesinambungan dan lintas sektor,” pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

dok.ant

Harga Emas Naik Tajam 30 Dolar AS

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 08:15 WIB
HARGA emas naik tajam pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (4/10), memperpanjang keuntungan untuk sesi kedua...
Antara/Mohammad Ayudha

OJK Tunggu Rencana Penyehatan Keuangan dari Pemegang Saham Wanaartha Life

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 08:00 WIB
Perseroan mencatatkan level RBC di bawah ketentuan yakni turun minus 2.049...
MI/Amir MR

Resesi Di Depan Mata, Regulasi Pro Komoditas Ekspor Perlu Diperlukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 07:00 WIB
CPO atau minyak sawit masih menjadi komoditas yang menyumbangkan pundi-pundi besar terhadap devisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya