Minggu 27 Maret 2022, 17:45 WIB

Disaksikan Kepala Badan Pangan Nasional, Kadin DKI Dapatkan Stok Beras Premium Dari PT Pemalang Agro 

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Disaksikan Kepala Badan Pangan Nasional, Kadin DKI Dapatkan Stok Beras Premium Dari PT Pemalang Agro 

Dok. Kadin Jakarta
Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi melihat kualitas beras yang dihasilkan PT pemalang Agro

 

KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta mendapatkan persediaan beras kualitas premium untuk dipasok bagi pengusaha di bidang hotel, restauran dan catering (horeca) lewat kerja sama dengan PT Pemalang Agro. Kesepakatan itu turut disaksikan oleh Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arief Prasetyo Adi. 

Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi mengatakan, kesepakatan kerja sama itu merupakan kolaborasi antara petani dengan perusahaan penggilingan beras mengingat para pengusaha horeca yang tergabung dalam kamar dagang dan industri ketika membutuhkan beras sering kali tidak ter-standar dengan baik secara kontinyu. 

"Para pengusaha horeca bisa jadi hari ini menerima beras dengan kualitas premium tetapi esok atau lusa, beras yang dikirim dan dibutuhkan belum tentu memiliki kualitas yang sama. Hal inilah yang menjadi latar belakang bagi kami untuk membuat kesepakatan kerja sama dengan PT Pemalang Agro Sejahtera Indonesia yang ber-home base di Kota Pemalang Jawa tengah," ungkap Diana Dewi dalam keterangannya,. 

Dengan berbagai bantuan yang diberikan seperti pengadaan pupuk, pengadaan bibit padi jenis unggul, memfasilitasi penggilingan beras, pengadaan dryer (pengering) maupun kerja sama pengadaan lahan, Kadin DKI Jakarta, lanjut Diana Dewi, yakin PT Pemalang Agro Sejahtera bisa memasok beras dengan kualitas terbaik seperti yang dibutuhkan oleh para pengusaha horeca dibawah naungan Kadin DKI. 

Saat ini untuk sementara waktu, kerja sama yang diinisiasi oleh Kadin DKI Jakarta dengan PT Agro Sejahtera untuk menghasilkan stock beras yang cukup bagi ketersediaan beras di berbagai toko di Jakarta, ungkap Diana Dewi, memanfaatkan lahan sawah seluas sekitar 200 hektare di Kota Pemalang Jawa tengah. 

Baca juga : Ini Upaya Kementan Mendorong Industri Alsintan Dalam Negeri

Bentuk kerja sama antara Kadin DKI dengan PT Agro lanjut Diana Dewi tidak saja berimbas pada kepastian ketersediaan stock beras terbaik tetapi juga berimplikasi pada kepastian dibelinya beras kualitas premium yang dihasilkan oleh para petani. 

"Kerja sama antara KADIN DKI dengan PT Pemalang Agro tentunya akan membuat Kota Pemalang bangga. Dengan kapasitas mesin sebesar 5 ton/jam yang mampu mengupas buliran padi hingga packaging (pengemasan) menjadi beras premium, ini tentunya sangat membantu perekonomian di daerah Pemalang," tutur Arief Prasetyo Adi, Kepala BPN. 

Tak hanya itu dengan adanya bimbingan teknis atau bimtek dalam bentuk kerja sama antara Kadin DKI dengan PT Pemalang Agro, nantinya petani akan mendapatkan pasokan benih yang baik serta pupuk yang teratur, para petani akan mendapatkan hasil panen yang maksimal berupa 6 ton padi per hektare-nya. 

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengucapkan terima kasih atas terjalinnya kerja sama itu, mengingat kesejahteraan para petani akan meningkat dan pastinya akan membukan kesempatan kerja bagi warga Pemalang. 

"Kedepannya bentuk kerja sama ini diharapkan akan terus berjalan dan kontinyu. Sebagai lumbung padi di Jawa tengah maupun nasional, dengan kerja sama ini, Pemalang akan semakin terus berkembang dan membuktikan eksistensinya di bidang lumbung padi nasional," tutup Mukti Agung. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENKOPUKM

Menkop UKM: Daya Beli Masyarakat Jadi Penentu Nasib UMKM Di Tahun Depan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:42 WIB
UMKM saat ini dikatakan masih rendah kontribusinya dalam hal ekspor, sehingga UMKM akan lebih mengandalkan pasar dalam...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Suharso Monoarfa Percepat Penurunan Angka Kemiskinan Melalui Regsosek

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:37 WIB
Menteri PPN Suharso Monoarfa menyatakan, belanja pembangunan bidang kesehatan diarahkan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan menuju...
ANTARA

Jelang KTT G20, Sandiaga: 23 Hotel di Bali Sudah Penuh Dibooking

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:24 WIB
Sandiaga menambahkan untuk kesiapan akomodasi menjelang KTT G20 juga telah mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya