Kamis 24 Maret 2022, 21:10 WIB

OCBC NISP Ventura Membuka Jalan Mahasiswa Berkarir di Industri Keuangan

mediaindonesia.com | Ekonomi
OCBC NISP Ventura Membuka Jalan Mahasiswa Berkarir di Industri Keuangan

Dok.NISP
Nasabah sedang bertransaksi secara mandiri dengan tablet yang tersedia di smart area kantor cabang OCBC NISP di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta.

 

DENGAN perkembangan industri yang begitu cepat dan dinamis, Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif dan adaptif sangat dibutuhkan untuk mendorong inovasi didalam sebuah perusahaan. Di sisi lain, untuk memulai perjalanan karir di dunia profesional, mahasiwa memerlukan keterampilan khusus yang tidak bisa didapatkan dari pembelajaran di perkuliahan. Keterampilan tersebut biasanya bisa didapatkan dari pengalaman kerja praktek.

Melihat kesenjangan kebutuhan tersebut, OCBC NISP Ventura bersama enam perusahaan start-up menghadirkan OCBC NISP Ventura Investment Competition (ONVic), program kompetisi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja yang memungkinkan mereka untuk membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk kreatif dan adaptif dalam mengembangkan karir di industri venture capital dan startup dengan memberikan gambaran industri secara dekat dan personal.

Managing Director OCBC NISP Ventura, Darryl Ratulangi, berharap program kompetisi ONVic menjadi ajang mahasiswa untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja.

"Praktik kerja memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengambil bagian dalam dunia nyata. Kami di OCBC NISP Ventura berharap ONVic menjadi suatu ajang kompetisi yang dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan. Guna menjadi lulusan yang siap kerja, adaptif, dan kreatif dalam menghadapi dinamika perubahan serta dapat memberdayakan potensi diri secara langsung di dunia kerja,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (24/3).

Berkolaborasi dengan berbagai perusahaan start-up, Darryl menambahkan bahwa salah satu nilai pembeda  program ONVic ini adalah mendapatkan up close personal mentorship dengan para founder. Mahasiswa yang dipilih akan bekerja sama dengan ONV dan start-up sebagai peserta magang. Pengalaman magang penting untuk membangun kepercayaan diri dan portofolio yang kuat. "Kami sangat senang melihat semua peserta bersemangat untuk mengikuti program ONVic," ujarnya.

Salah satu mentor yang memberikan pendampingan adalah Ramavito Mountaino, Co-Founder & CEO Eden Farm, sebuah start-up agritech. Ramavito memberikan pendampingan seputar cara meyakinkan sebuah peluang investasi ke orang lain melalui presentasi pitching.

"Dalam perjalanan karir ini, saya sudah banyak sekali pengalaman, pengalaman gagalnya. Memulai karir memang sulit dan harapannya melalui sesi mentoring ONVic ini, teman-teman peserta bisa belajar dari kesalahan saya dan menjadi lebih siap dalam menjalankan dan mempresentasikan ide bisnis,” tutur Ramavito.

Pada kesempatan tersebut, Ramavito memberikan pembelajaran yang diambil berdasarkan pengalamannya yang mumpuni sebagai pendiri startup. Seperti contohnya pemaparan mengenai pentingnya membawa cerita (story) yang relevan dan kuat mengenai bisnis mereka ke dalam sebuah presentasi.

Start-up yang terlibat bersama dengan ONV pada program kompetisi ini seperti Awan Tunai, Sirclo, Xurya, dan Dekoruma juga memiliki keterlibatan untuk memberikan pengalaman masing-masing dengan menekankan bagaimana mendapatkan co-founder dan mitra yang tepat dan sesuai.

Ditambah lagi selain mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan total jutaan rupiah, para pemenang juga berkesempatan untuk mengikuti program magang di OCBC NISP Ventura, Bank OCBC NISP, dan startup-startup portfolio OCBC NISP Ventura: SIRCLO, Workfit, dan Dekoruma. (E-3)

Baca Juga

Antara

PLN Pasok Listrik ke Pulau yang Berbatasan dengan Australia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 September 2022, 22:41 WIB
PT PLN (Persero) menghadirkan listrik di Desa Mbueain, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Pulau Rote, Nusa Tenggara...
Ist

Kick Avenue Fair 2022 Kembali Digelar, Tawarkan Diskon Hingga 70%

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 22:37 WIB
Adapun sesuatu yang baru pada penyelenggaraan KA Fair tahun ini dengan surprise drop collectible items serta diskon sampai dengan 70%...
Ist

Tak Hanya Terdaftar BPOM, Skincare Lokal Rayo Bersertifikat Halal

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 22:20 WIB
Rayo Men’s Skin Care terus berupaya melakukan pendekatan-pendekatan kepada konsumen baik secara edukasi maupun kelayakan produk,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya