Kamis 24 Maret 2022, 15:21 WIB

Produksi Bawang di Sumbar Melimpah, Perlu Penangganan Pemasaran

mediandonesia.com | Ekonomi
Produksi Bawang di Sumbar Melimpah, Perlu Penangganan Pemasaran

Ist/Kementan
Bawang selalu tersedia karena panen raya di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat selalu terjadi setiap bulan.

 

KEPALA Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Imran Syahrial memastikan bahwa kebutuhan bawang dan cabai untuk menghadapi bulan suci Ramadan dan Idul Fitri dalam kondisi aman dan perlu penanganan pemasaran. 

Menurutnya, bawang dan cabai selalu tersedia karena panen raya di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat selalu terjadi setiap bulan.

"Kelebihan kita (Kabupaten Solok) karena panen rayanya terjadi setiap bulan. Jadi bisa dipastikan untuk kebutuhan bawang dan cabai menjelang puasa dan lebaran dalam kondisi aman," ujar Imran, Kamis, 24 Maret 2022.

Imran menjelaskan, produksi bawang merah untuk bulan Maret ini mencapai 14.430,5 ton dari luasan panen sekitar 931 ha.

Adapun prognosa produksi pada bulan April mendatang diperkirakan mencapai 14.912,6 ton dengan rata-rata harga bawang super 1 sebesar Rp. 22.000 dan bawang super 2 Rp. 19.000.

Baca juga: Produksi Melimpah, Bawang Merah Bima Siap Pasok Kebutuhan Ramadhan-Idul Fitri 2022

Sementara harga di tingkat petani untuk bawang yang biasa berkisar di Rp 18 ribu," katanya.

Pakar Pangan dari Universitas Andalas, Muhammad Makky mengatakan bahwa panen bawang dan cabai di Provinsi Sumatera Barat sudah berlangsung sejak minggu lalu, terutama di daerah sentra seperti Kabupaten Solok dan Agam.

"Harga cendrung stabil yang berarti tidak ada kenaikan yang signifikan. Saya juga mengapresiasi jajaran dinas terkait karena mengawal produksi bawang dan cabai secara baik," katanya.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI), Juwari memastikan bahwa produksi dan ketersediaan bawang cukup melimpah. Bahkan beberapa sentra di Jawa Tengah masih menggelar panen raya. Dengan kondisi ini Juwari berharap masyarakat tetap tenang dan tidak berpikir impor.

"Jangan impor dong kasian petani kita. Yang pasti produksi bawang tahun ini aman, bahkan bisa mencukupi sampai puasa dan lebaran," tutupnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/Susanto

Ekonom: Jabatan Pimpinan BI tidak Boleh Diisi Politisi, Risikonya Besar

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 30 September 2022, 23:26 WIB
Pasalnya, Bank Indonesia memiliki peran yang amat strategis bagi perekonomian nasional. Kesalahan dalam pengelolaan Bank Sentral akan...
Antara

Pemerintah Kembali Cairkan BSU BBM pada Pekan Depan

👤Ficky Ramadhan 🕔Jumat 30 September 2022, 22:19 WIB
Sejauh ini, BSU BBM sudah disalurkan kepada 7 juta pekerja. Pemerintah memperkirakan total jumlah penerima BSU BBM sekitar 14,6 juta...
MI/BAYU ANGGORO

Importir Kedelai Amerika akan Disertifikasi

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 September 2022, 22:05 WIB
Kebijakan ini menjadi penting bagi para konsumen kedelai Amerika Serikat di seluruh dunia termasuk di Indonesia  yang telah lama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya