Senin 21 Maret 2022, 16:42 WIB

Jepang Diminta Tanamkan Investasi di IKN

Indriyani Astuti | Ekonomi
Jepang Diminta Tanamkan Investasi di IKN

dok.kementerian PUPR
Maket Ibu Kota Negara Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

 

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Rachmat Gobel melakukan pertemuan bilateral dengan parlemen Jepang untuk membahas kemungkinan investasi. Dalam penyelenggaraan sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144, Gobel mengajak Jepang tidak hanya berinvestasi, tapi juga menyukseskan program strategis pemerintah seperti ketahanan pangan dan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Tidak hanya investasi, untuk mendukung program-program daripada pemerintah Republik Indonesia. Termasuk proyek-proyek strategis seperti IKN," ujar anggota parlemen dari Partai NasDem itu ketika ditemui di sela-sela rangkaian sidang IPU ke-144, yang digelar di Bali International Convention Center, Senin (21/3).

Menurutnya, Indonesia perlu meyakinkan para investor Jepang kembali. Namun, karena pandemi Covid-19, pertemuan fisik menjadi terbatas sehingga, ujarnya perlu ada pembahasan kembali. Ia pun menggunakan kesempatan itu saat rangkaian acara sidang IPU ke-144.

"Akhir bulan ini saya akan berangkat ke Jepang bertemu dengan para pengusaha- pengusaha dan juga akan menjelaskan tentang IKN," ucapnya.

Indonesia, terang Gobel mengharapkan agar Jepang berinvestasi dalam pembangunan IKN. Khususnya memberi dukungan teknologi. Sehingga cita-cita mewujudkan smart city di ibu kota baru terwujud.

"Teknologi-teknologi mereka untuk smart city itu banyak sekali," ucapnya.

Indonesia menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Sidang IPU ke-144 yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 20-24 Maret 2022. Negara anggota yang tergabung dalam IPU membahas isu - isu penting antara lain penguatan kesehatan, upaya perdamaian Ukraina-Rusia, pemerataan pendidikan yang akan dituangkan dalam resolusi. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA

Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro serta Contoh

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:54 WIB
Ada banyak banyak istilah yang harus dipahami agar bisa tahu perbedaan juga maknanya, apakah kalian tahu perbedaan ekonomi mikro dan makro...
Dok. Krakatau Posco

PT Krakatau Posco Raih Level Tertinggi dalam Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:28 WIB
Penilaian Penghargaan Industri Hijau didasarkan pada tiga aspek utama penilaian yakni efisiensi proses produksi, kinerja pengelolaan limbah...
DOK Sinar Mas Land.

Tunjang Gaya Hidup Sehat, Aerium Gandeng Artis dan Atlet Basket

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 18:57 WIB
Acara itu diikuti oleh 200 anak didik Aras Gading Muda beserta orangtua dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dalam Fun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya