Minggu 13 Maret 2022, 13:25 WIB

Wakil Mendag: Stok Minyak Goreng Cukup Hingga Ramadan

 Lina Herlina | Ekonomi
Wakil Mendag: Stok Minyak Goreng Cukup Hingga Ramadan

Mi/Adi Kristiadi
Wamendag Jerry Sambuaga saat mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Pancasila, Tasikmalaya, Jabar, Minggu (23/1).

 

MINYAK goreng selalu menjadi barang yang paling dicari masyarakat Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan sekitarnya di manapun itu. Baik di pasar tradisional, minimarket dan pasar murah sembako yang digelar pemerintah.

Antrean warga selalu terlihat jika ada yang menjual minyak goreng, dan salam sekejap langsung habis diserbu masyarakat, padahal mereka hanya diperbolehkan membeli satu bungkus kemasan apapun itu.

Meski demikian, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga mengatakan, stok minyak goreng baik curah maupun kemasan premium mencukupi. Dan stok minyak goreng masih cukup hingga Ramadan.

Baca juga: Pengamat: Batalkan Aturan DMO 30% Karena Tidak Menyelesaikan Masalah

"Memang sejumlah daerah mengeluh kesulitan mendapat minyak goreng. Tapi kami pastikan stok minyak goreng masih mencukupi hingga Ramadan," kata Jerry usai memantau Operasi Pasar di Pasar Tramo, Kabupaten Maros, Sabtu (12/3).

Menurutnya, pemerintah berusaha agar distribusi minyak goreng berjalan dengan baik jelang Ramadan, dengan bekerja sama semua stakeholder seperti pemerintah daerah, badan urusan logistik (Bulog), dan distributor menyediakan minyak goreng dengan menggelar operasi pasar murah.

"Kami dari Kemendag terus menjaga supaya terbentuk kondisi yang baik apalagi menjelang Ramadan. Jadi untuk memastikan, yang paling penting kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,dari Kementerian Perdagangan keliling ke seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua untuk memastikan ketersediaan minyak goreng," urai Jerry.

"Seperti tadi, sinergi dengan stakeholder di daerah bisa berjalan baik agar permasalahan minyak goreng bisa berakhir. Kita bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk memastikan barang seperti minyak goreng sesuai," sambung Jerry menegaskan.

Yang pasti, agar tidak berlarut-larut, juga dilakukan pengawasan distribusi minyak goreng. Hal tersebut dilakukan agar distribusi minyak goreng bisa lancar.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Perdagangan menggelar pasar murah sembako di sejumlah kabupaten/kota, dan yang sudah digelar di Kato Makassar dan Kabupaten Gowa. Akan menyusul kabupaten/kota lainnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar, Ashari F Radjamilo mengatakan pasar murah digelar untuk menstabilkan harga bahan pokok yang juga mulai merangkak naik jelang Ramadan. (LN/OL-09)

Baca Juga

AFP/Remy Gabalda

Emirates Memulai Kembali Penerbangan ke Bali

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:00 WIB
Penerbangan harian ini artinya memastikan layanan penerbangan akan berjalan non-stop dan mempermudah masyarakat di Dubai untuk menuju...
Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya