Selasa 08 Maret 2022, 16:33 WIB

Gali Potensi Guna Dorong Pertumbuhan Ekonomi

mediaindonesia.com | Ekonomi
Gali Potensi Guna Dorong Pertumbuhan Ekonomi

MI/Hamdi Jempot
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat

 

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat meminta masyarakat untuk meningkatkan kreativitas guna bisa terus menggali potensi negeri yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi di saat kasus covid-19 mereda.

"Sejumlah pelonggaran kebijakan mulai dilakukan menyikapi penurunan jumlah kasus covid-19 di Tanah Air. Masyarakat harus siap untuk meningkatkan produktivitasnya secara bijak," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/3). 

Pemerintah mengumumkan uji coba bebas karantina bagi pendatang dari luar negeri yang tiba di Bali mulai Senin (7/3). Selain itu Pemerintah juga akan meringankan syarat perjalanan dalam negeri hanya dengan menunjukkan sertifikat vaksinasi covid-19 lengkap, tanpa menunjukkan hasil negatif swab antigen atau PCR. 

Perempuan yang karib disapa Rerie menambahkan, pelonggaran peraturan harus disikapi dengan bijak serta kreativitas yang tinggi. Potensi meningkatnya mobilitas masyarakat yang membuka banyak peluang untuk meningkatkan produktivitas harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, tambah Rerie, merupakan salah satu sektor yang harus segera merespon pelonggaran kebijakan ini dengan produk-produk kreatif yang mampu mengantisipasi potensi peningkatan mobilitas masyarakat.

Baca juga: Epidemiolog: Aturan Pelonggaran Karantina Bali Tidak akan Sebabkan Lonjakan Kasus

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah, berharap kalangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air dapat menghasilkan paket-paket perjalanan wisata yang tetap menerapkan protokol kesehatan dan produk-produk kerajinan kreatif dengan desain-desain menarik. 

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, upaya mempersiapkan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar mampu melakukan inovasi dengan kreativitas yang tinggi harus terus dilakukan. Hal itu agar peluang dan kesempatan yang datang ketika kasus covid-19 mereda dapat segera dikonversi menjadi pendapatan lewat berbagai program yang aman dan produk kreatif yang ditawarkan. 

Rerie melanjutkan, kesiapan sejumlah sektor yang mampu meningkatkan kinerja perekonomian nasional harus terus diupayakan. Diikuti dengan upaya tiada henti menggali potensi yang ada di berbagai sektor tersebut untuk dikembangkan menjadi sumber-sumber pendapatan baru. 

Rerie mengajak semua pihak bersama-sama memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada saat ini secara bijak dan kreatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik.(RO/OL-5)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Pendaftaran BBM Subsidi Lewat Website MyPertamina Khusus untuk Roda Empat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:46 WIB
“60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan terkaya ini mengkonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM...
Ist

Menuju Kelas Dunia, IPCC Terminal Kendaraan Luncurkan Logo Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:12 WIB
Perjalanan itu kini membawa IPCC dalam posisi dari yang sebelumnya hanya sebagai Car Terminal Operator menuju Car Terminal...
Dok. Pribadi

Membangun Brand Bukan Hanya Sekedar Viral, Tapi Butuh Originalitas Untuk Bertahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:07 WIB
Ian menegaskan, strategi viral marketing memang bisa membuka prospek, namun tidak bisa diimplementasikan untuk semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya