Minggu 06 Maret 2022, 14:50 WIB

Kementan Serukan Jajaran Polbangtan Tingkatkan Core Values ASN

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan Serukan Jajaran Polbangtan Tingkatkan Core Values ASN

dok.humas
Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah sosialisasi Core Values ASN lingkup Polbangtan

 

APARATUR Sipil Negara (ASN) pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) pendidikan vokasi Kementerian Pertanian RI, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) diajak mengedepankan Nilai Dasar atau Core Values ASN, dalam upaya mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.

Ajakan tersebut dikemukakan Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Siti Munifah di Magelang, kemarin, tentang Core Values ASN BerAkhlak dan Employer Branding ASN 'Bangga Melayani Bangsa' yang digagas Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021.

“ASN harus tahu tupoksinya. Harus fokus. ASN harus temukan target dan harapan. Pimpin dirimu dalam bekerja, banyak bertanya serta mencontoh hal baik dari rekan kerja. Learning dan learning kemudian disiplin," kata Siti Munifah, dalam keterangannya, Minggu (6/3).

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat launching Core Values ASN BerAkhlak bagi jajarannya di Kementan, menegaskan tentang pentingnya penguatan budaya kerja untuk mendukung transformasi ASN dan reformasi birokrasi, khususnya di Kementan.

"Di tengah tantangan global, millenial disruption dan pandemi, ASN lingkup Kementan harus meningkatkan kapasitas dan kompetensinya, sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan sebagai keniscayaan," kata Mentan Syahrul, pada Februari (15/2).

Menurutnya, pemerintahan yang baik adalah yang berpihak pada kepentingan negara, bangsa dan rakyat. Selain itu sebagai instansi pemerintah yang baik harus dapat memenuhi harapan dan kebutuhan negara.

“Saat ini Kementan tetap bersemangat ke lapangan, mengawal ketersediaan pangan untuk 273 juta rakyat Indonesia, sekaligus mempertahankan pencapaian Indonesia mampu memenuhi kebutuhan beras tanpa impor dalam dua tahun terakhir," kata Mentan Syahrul.

Menyikapi hal itu, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi menyatakan komitmen dan dukungan jajarannya untuk melaksanakan Core Values ASN.

“BPPSDMP mempunyai tugas utama mencetak petani milenial, mendampingi serta meningkatkan kapasitas penyuluh dan petani, hal itu harus didukung oleh ASN yang tidak sekedar bekerja, juga profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing," kata Dedi Nursyamsi.

Siti Munifah menambahkan bahwa Mentan Syahrul berulangkali mengingatkan pentingnya memiliki inisiatif tinggi dalam bekerja, utamanya berupa kemampuan untuk memimpin diri sendiri.

“Jangan menunggu dipimpin orang lain. Pimpinlah dirimu sendiri, kemudian taat pada pimpinan sesuai aturan,” katanya.

Hal lain yang diharapkan Mentan, kata Siti Munifah, adalah kemampuan belajar. “Selama pandemi, sektor pertanian mampu tumbuh positif. Hal ini tidak akan terwujud jika kita tidak memiliki pegawai berkualitas. Tapi, tidak cukup sampai di sini. Kita harus terus meningkatkan kapasitas seluruh SDM insan pertanian.” (OL-13)

Baca Juga

Antara

JFHTF Pastikan Kesiapan Dunia Hadapi Pandemi Berikutnya

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 30 September 2022, 13:34 WIB
Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan melanjutkan penyelenggaraan Pertemuan G20 Joint Finance and Health Task Force (JFHTF) ke-6...
Dok.Ciputra

Pembangunan Tol Gilimanuk-Mengwi Disambut Antusias Pengembang

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 13:21 WIB
Adanya Tol Gilimanuk-Mengwi membuat properti di Bali semakin menarik karena harga properti akan terus...
Ist/Kementan

Peringati Hari Rabies Sedunia, Kementan Gelar Vaksinasi Hewan Gratis

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 13:16 WIB
Kementan perkuat pengendalian Rabies di Provinsi Bali dengan melakukan gerakan vaksinasi hewan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya