Rabu 02 Maret 2022, 19:08 WIB

KaTa Kreatif Indonesia Majukan Kuliner Guna Tingkatkan Perekonomian di Jambi

mediaindonesia.com | Ekonomi
KaTa Kreatif Indonesia Majukan Kuliner Guna Tingkatkan Perekonomian di Jambi

Ist
Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kota Jambi digelar di Aula Graha Mayang Kota Jambi, pada Rabu (2/3).

 

NASI Geuk, Tempoyak, Gulai Tepek Ikan, dan banyak ragam kuliner lainnya yang bisa di unggulkan sebagai pendukung pariwisata di Kota Jambi, selain itu Kuliner menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) atau Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabaperkraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, sektor kuliner adalah satu hal yang wajib di tingkatkan kualitasnya apalagi sajian tradisional.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong subsektor kuliner Kota Jambi untuk bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Membangkitkan ekonomi kreatif, memupuk semangat dan sebagai peluang usaha membuka lapangan kerja seluas luasnya,” kata Sandiaga dalam keterangan pers, Rabu (2/3). 

Sandi menegaskan, dirinya mencatat ada sebanyak 41.5 % jumlah lapangan kerja yang diciptakan oleh pelaku usaha mikro kecil dan menangah (UMKM).

Baca juga: Pemerintah Incar Investasi Besar dalam Working Group G20 di Solo

"Saya ingin menitipkan tiga hal pertama inovasi, yang kedua adalah adaptasi dan yang terakhir kolaborasi," ujarnya. 

Sehingga, pihaknya melakukan kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/ Kota (KaTa) Kreatif Indonesia guna meningkatkan kulitas dari sektor kuliner di Kota Jambi.

Menurutnya, potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Apalagi selama masa pandemi, kuliner merupakan salah satu subsektor ekonomi kreatif yang tidak banyak terpengaruh.

D"engan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas," kata Sandi.

“Sektor kuliner adalah salah sektor yang tidak terlalu terdampak pandemic, sehingga kita juga ada kewajiban mamajukan sektor tersebut,” ujarnya. 

Seperti diketahui, Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Kota Jambi dilaksanakan pada Rabu (2/3) di Aula Graha Mayang Kota Jambi.

Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif adalah pelaku Ekonomi Kreatif yang berada di Kota Jambi dengan jumlah peserta sebanyak 35 peserta.

Untuk bisa mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia pelaku ekraf wajib mendaftarkan diri melalui website www.katakreatifindonesia.com dan melampirkan bukti surat keterangan sudah mejalankan usaha selama minimal enam bulan dari pemerintah setempat

“Kita datangkan pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang sukses guna berbagi pengalaman sehingga para UMKM bisa ikut maju dan sukses,” tukasnya.(RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Membangun Brand Bukan Hanya Sekedar Viral, Tapi Butuh Originalitas Untuk Bertahan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:07 WIB
Ian menegaskan, strategi viral marketing memang bisa membuka prospek, namun tidak bisa diimplementasikan untuk semua...
Dok. Synthesis

Hunian di Jakarta Timur Prospektif, Synthesis Huis Kembangkan Proyek di Cijantung

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:05 WIB
Yayat menambahkan, dari sisi potensi lingkungan, Jakarta Timur seperti wilayah Cijantung  masih memiliki ruang terbuka hijau yang...
Dok. CFCD

CFCD Gelar Indonesia SDGs Award 2022 pada Oktober, Dorong Pencapaian SDGs di Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 21:51 WIB
ISDA 2022 bertemakan ”No One Left Behind : Best Practice on the Roles of Corporates in...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya