Senin 28 Februari 2022, 18:21 WIB

Stok dan Harga Minyak Batam Aman, Wamendag Apresiasi Semua Pihak

mediaindonesia.com | Ekonomi
Stok dan Harga Minyak Batam Aman, Wamendag Apresiasi Semua Pihak

Ist
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat melakukan kunjungan ke Pasar Puja Bahari dan Pasar Bida Trade Centre (BTC) di Kota Batam. 

 

WAKIL Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi kerja sama semua pihak sehingga pasokan minyak goreng di Batam terpenuhi dengan harga yang terjangkau.

Menurut Jerry, implementasi Permendag mengenai harga eceran tertinggi untuk tiga jenis minyak goreng hanya akan terlaksana dengan baik jika didukung oleh semua pihak.

Hal ini dikatakan Jerry Sambuaga saat melakukan kunjungan ke Pasar Puja Bahari dan Pasar Bida Trade Centre (BTC) di Kota Batam. 

Beberapa pihak yang diapresiasi oleh Wamendag Jerry Sambuaga adalah Walikota Batam, para pengusaha baik produsen, distributor maupun pedagang, serta jajaran Tim Kemendag yang turun langsung untuk memantau distribusi minyak goreng.

Baca juga: Gandeng Dufry dan Omega, Sarinah Siap Buka Gerai Produk Bebas Bea

“Tidak lupa tentu kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau yang turut menunjang kerja sama antar stakeholder sehingga suplai dan harga minyak goreng aman di Kepri, khususnya Batam,” kata Jerry dalam keterangan pers, Senin (28/2).

Pengusaha dari tingkat produsen, distributor hingga pedagang memegang peran penting karena menurut Jerry mereka yang memegang rantai pasok semua produk termasuk minyak goreng.

Sementara Pemerintah mulai dari pemertintah kota, pemerintah provinsi hingga Kementerian Perdagangan memberikan fasilitasi dan berbagai upaya untuk di sektor regulasi dan pengawasan. 

Minyak goreng di kota Batam mengikuti ketentuan harga eceran tertinggi. Untuk minyak goreng kemasan tipe premium dijual dengan harga Rp 14.000 setiap liter. Dua tipe minyak goreng lain, yaitu tipe kemasan biasa dan tipe curah juga dijual dengan mengikuti ketentuan mengenai harga eceran tertinggi. 

Secara keseluruhan Jerry melihat sistem rantai pasok minyak goreng di Kota Batam sudah berjalan dengan sangat baik. Hal itu terjadi baik di pasar rakyat maupun pasar modern. 

“Tentu ada beberapa tantangan, tetapi secara keseluruhan saya kira sudah baik. Saya sudah mendengar beberapa kemungkinan perbaikan dan kami siap untuk berkoordinasi lintas kementerian nanti agar perbaikan itu bisa terwujud,” tambah Jerry.

Lebih jauh Jerry melihat bahwa sektor perdagangan di Batam bisa terus dikembangkan. Apalagi banyak juga warga Singapura yang berbelanja kebutuhan sehari-hari ke Batam. Untuk itu ketersediaan fasilitas dan suplai barang harus terus dijaga. 

“Kita berharap pasar di Kota Batam makin nyaman bagi siapa saja yang berbelanja, baik penduduk kota batam maupun warga Singapura. Dengan demikian pedagang-pedagang akan makin sejahtera dan Batam bisa lebih berkontribusi kepada perekonomian pulau-pulau di sekitarnya,” kata Jerry. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist/Bjb

Dorong Transaksi Cashless, Ini Program Menarik Penyedia Aplikasi Keuangan Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 10:09 WIB
Berbagai layanan digital muncul dengan berat fitur dan kelebihan yang mempermudah masyarakat melakukan berbagai rutinitas...
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

PUPR : Bendungan Meninting Lombok kelar di 2023

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 28 Juni 2022, 09:45 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bendungan Meninting di Lombok Barat, Provinsi...
Ist/Kementan

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 08:21 WIB
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterima kasih kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasil Limpo (SYL) atas alokasi vaksin PMK...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya