Kamis 17 Februari 2022, 10:50 WIB

Anggaran Bus Gratis Rp21 Miliar bagi Penonton MotoGP Mandalika

Yusuf Riaman | Ekonomi
Anggaran Bus Gratis Rp21 Miliar bagi Penonton MotoGP Mandalika

dok.Ant
Pembalap MotoGP berlatih start pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah,

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) menyediakan bus gratis bagi penonton saat penyelenggaraan MotoGP pada  Maret di Mandalika, NTB. Bus-bus yang disiapkan nantinya akan melayani para penonton yang datang dari berbagai bandara, pelabuhan, dan terminal.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Ditjen Hubdat menyiapkan anggaran sebesar Rp21,25 miliar. Anggaran itu diantaranya untuk dukungan shuttle bus dengan anggaran Rp5,4 miliar untuk 188 unit bus, dimana 81 unit bus dari Kementerian Perhubungan di dalam kawasan Mandalika,

"Juga ada bus yang digunakan untuk antarmodanya sekitar 103 bus yang akan disiapkan oleh ITDC," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam konferensi pers secara daring, Rabu (16/02).

Menurut Budi, pihaknya juga menganggarkan dana sebesar Rp8,84 miliar untuk melayani angkutan antarmoda di 6 rute ke pusat kota dan simpul transportasi darat di luar kawasan sirkuit Mandalika.

"Jadi simpul transportasi darat mulai dari Gili Mas, Lembar, Bangsal, Kayangan, Bandara Bizam, dan pusat kota jumlahnya diperkirakan 278 bus. Kami siapkan ini karena akan banyak penonton yang datang dari luar kota," kata Budi.

Keenam rute yang dimaksud yakni, Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Bangsal (bus kecil), Sirkuit Mandalika - Pusat kota Mataram (bus sedang), Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Lembar (bus kecil), Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Gilimas (bus kecil), Sirkuit Mandalika - Bandara Bizam (bus besar) dan Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Kahyangan (bus kecil). Selain itu, pihaknya juga akan membangun 4 unit halte bus di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang akan disebar di beberapa titik mulai dari Parkir Sentral Timur, Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Sirkuit Mandalika. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp1,5 miliar.

Jalan provinsi juga akan turut diberikan penerangan guna mempermudah akses transportasi darat dalam menjangkau sirkuit balapan. Pihaknya akan menyiapkan 135 unit penerangan jalan umum dengan anggaran sebesar Rp5,4 miliar.

Kemenhub menyediakan anggaran sekitar Rp110 juta untuk melakukan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL). Pengaturan lalu lintas ini merupakan mandat yang diberikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi kepada Kemenhub (OL-13)

Baca Juga: 8 Rute Penerbangan Siap Sambut Gelaran MotoGP Mandalika

 

Baca Juga

MI/Amir MR

Resesi Di Depan Mata, Regulasi Pro Komoditas Ekspor Perlu Diperlukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 07:00 WIB
CPO atau minyak sawit masih menjadi komoditas yang menyumbangkan pundi-pundi besar terhadap devisa...
Antara

Ridwan Kamil Akui Kompor Listrik Bebani Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:59 WIB
Menurutnya, program konversi gas elpiji 3 kilogram ke kompor listrik akan berjalan lancar jika ada penggunaan teknologi yang...
Dok.Sunlife

Sun Life Indonesia dan CIMB Niaga Hadirkan Sun Proteksi Jiwa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:07 WIB
Hanya 37% masyarakat Indonesia yang memiliki tabungan untuk hidup lebih dari 6 bulan ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya