Jumat 04 Februari 2022, 23:42 WIB

Erick Thohir Gagas 'ET' untuk Manfaatkan Lahan Jadi Produk Pertanian

mediaindonesia.com | Ekonomi
Erick Thohir Gagas

dok. Ant
Menteri BUMN Erick Thohir

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mengajak warga memanfaatkan lahan perumahan menjadi lokasi pertanian. Erick pun menggagas Energi Tani atau ET. 

Erick menjelaskan, gerakan ET bertujuan membumikan semangat bertani. Sehingga, masyarakat bisa menghasilkan produk-produk pertanian secara mandiri.

"Kita bisa melihat bagaimana pentingnya sesama kelompok masyarakat bisa terus merajut kerja sama, terutama pada saat situasi ekonomi yang tidak menentu," ujar Erick saat berkunjung ke kawasan Kembangan Utara, Jakarta Barat, Jumat (4/2). 

Lewat ET, Erick ingin jumlah para petani di Indonesia bisa bertambah. Dia berharap, gerakan ini bisa meningkatkan perekonomian di masa COVID-19 hingga memberikan akses dan kualitas sayuran sehat kepada masyarakat. 

"Solusinya gotong royong. Ini kita lihat, kita bisa memastikan warga bisa hidup mandiri. Bercocok tanam, pertenakan ikan, untuk meningkatkan kualitas ekonomi. Tapi di sisi lain, kalau ada apa-apa kebutuhan gizi bisa tercapai," ucap Erick. 

Lebih lanjut, Erick akan memberikan pelatihan dan pendampingan ihwal budidaya hidroponik kepada warga. Lalu, Erick juga bakal melibatkan para pengumpul atau off-taker sehingga ekosistem pertaniannya tercapai. 

"Dilihat dari konteksnya, dari pihak swasta (off-taker) memastikan hasil tani menjadi bagian konkrit dalam arti memberi kesejahteraan dari masyarakat," kata dia. 

Dalam kesempatan ini, Erick juga memberikan bantuan berupa Greenhouse seluas 25x5 meter, kolam budidaya ikan air tawar, mesin pompa air, dan sejumlah peralatan penunjang lainnya. Nantinya, para warga bakal mengelola lokasi pertanian ini secara swasembada. (OL-13) 

Baca Juga

Dok. BP Batam

Kepala BP Batam Terima Dianugerah Bintang Bhakti Tri Dharma Nararya di HUT PP Polri

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:42 WIB
Penghargaan disematkan kepadanya, atas inovasi dan semangat juang dalam pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di Batam,...
Ist

Bertemu Dubes Spanyol, Menhub Tawarkan Proyek di IKN Nusantara

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:30 WIB
Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Kerajaan Spanyol menawarkan bantuan untuk proyek transportasi di...
Antara

Pertamina: Pembelian BBM Lewat Aplikasi Hanya untuk Roda Empat

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:22 WIB
Kendaraan roda empat yang dimaksud mencakup kendaraan pribadi, angkutan konvensional, hingga angkutan daring. Pada tahap awal, kebijakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya