Kamis 27 Januari 2022, 14:22 WIB

Presiden Israel Kunjungi Turki Februari, Erdogan Siap Bisnis Gas Alam

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Presiden Israel Kunjungi Turki Februari, Erdogan Siap Bisnis Gas Alam

AFP/Adem Altan.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

 

PRESIDEN Israel Isaac Herzog akan melakukan kunjungan resmi ke Turki pada bulan depan atau Februari. Pemimpin Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan itu pada Rabu (26/1). Ia memuji langkah itu sebagai kesempatan untuk memperbaiki hubungan yang berantakan dengan negara Yahudi itu.

"Kunjungan ini dapat membuka babak baru dalam hubungan antara Turki dan Israel," kata Erogan dalam wawancara dengan saluran NTV Turki. Dia mengaku siap untuk mengambil langkah dengan Israel di semua bidang, termasuk gas alam.

Hubungan antara mayoritas Muslim Turki dan Israel membeku setelah kematian 10 warga sipil dalam serangan Israel terhadap armada Turki yang membawa bantuan untuk Jalur Gaza pada 2010. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, kedua negara telah bekerja pada pemulihan hubungan. 

Erdogan, seorang pendukung vokal perjuangan Palestina, mengadakan pembicaraan telepon dengan Herzog dan para pemimpin Israel lain. Orang kuat Turki itu telah mengatakan pekan lalu bahwa dia siap untuk bekerja sama dengan Israel dalam menghidupkan kembali proyek lama untuk mengirimkan gas Mediterania ke klien Eropa melalui Turki.

Baca juga: Saudi Bikin Grup untuk Kembangkan Industri Video Game

Pernyataannya muncul setelah Amerika Serikat dilaporkan mendukung proyek pipa saingannya yang melibatkan Israel dan saingan bersejarah Turki, Yunani. Turki sangat menentang proyek tersebut yang didukung oleh mantan pemerintahan Presiden AS Donald Trump. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

Soal Kerugian Pertamina, Bukan Karena Komisaris dan Manajemen

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:21 WIB
Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria menilai kerugian yang dialami oleh Pertamina lebih disebabkan faktor di...
Ist

Sandiaga Uno: Sumenep Miliki Ragam Potensi Ekonomi Kreatif

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:46 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa Kabupaten Sumenep memiliki ragam potensi ekonomi kreatif (ekraf) yang dapat dimanfaatkan menjadi...
ANTARA

Di World Economic Forum, RI Incar Investasi Kendaraan Listrik hingga Chip

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:34 WIB
Menperin menyampaikan peluang investasi baru dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang besar untuk menciptakan ekosistem kendaraan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya