Senin 24 Januari 2022, 16:22 WIB

Bandara Juanda Terima Kedatangan 129 Pekerja Migran dari Malaysia

Insi Nantika Jelita dan Heri Susetyo | Ekonomi
Bandara Juanda Terima Kedatangan 129 Pekerja Migran dari Malaysia

MI/Heri Susetyo
129 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru tiba di Bandara Juanda Kabupaten Sidoarjo dari Malaysia.

 

Bandara Internasional Juanda Surabaya telah menerima rkedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), khususnya ratusan pekerja migran Indonesia (PMI), pada Sabtu (22/1).

"Sabtu lalu Bandara Juanda Surabaya menerima kedatangan internasional pertama pada 2022, yaitu penerbangan yang membawa 129 pekerja migran Indonesia dari Malaysia," jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan yang dikutip Senin (24/1).

Ratusan PMI dari Malaysia itu tiba melalui maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH871.

Faik menyampaikan, sejak dibuka untuk penerbangan internasional pada 1 Januari 2022, pengelola Bandara Juanda telah melakukan simulasi penerimaan dan pemeriksaan kesehatan para pelaku perjalanan luar negeri sehingga penerapan protokol kesehatan.

Dibukanya Bandara Juanda untuk menerima penumpang rute internasional berdasarkan Surat Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pintu Masuk (Entry Point), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR Bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Pemeriksaan RT-PCR pada 129 PMI ini dilakukan sebanyak 3 gelombang, di mana terdapat 2 PMI positif covid-19. Namun belum diketahui jenis varian covid-19 tersebut.

Dua PMI yang terkonfirmasi positif covid-19 tersebut langsung dievakuasi ke RSUD Dr. Sutomo, Surabaya. Bagi PMI dengan hasil tes RT-PCR negatif dibawa menggunakan ke wisma karantina.

"Kami juga berterima kasih kepada pada stakeholder sehingga kegiatan penerimaan kedatangan PMI di Bandara Juanda dapat berjalan lancar," pungkas Faik. (OL-12)

Baca Juga

Antara/Sigid Kurniawan

Menkeu: Postur APBN 2023 Masih Defisit, Rasio Utang Tetap Dikendalikan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 12:24 WIB
Pengelolaan pembiayaan untuk menutup kesenjangan finansial (financial gap) akan dilakukan secara efisien, hati-hati dan berkelanjutan...
Antara

Sandiaga Optimistis Kunjungan Turis dari Asia Selatan akan Melonjak

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:02 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis jumlah kunjungan wisatawan dari Asia Selatan ke...
AFP/Daniel Slim

The Fed Masih Terus Mencari Cara Kendalikan Inflasi

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:55 WIB
Muncul gagasan bagi Bank Sentral AS The Fed untuk meningkatkan target inflasi AS, dari sebelumnya di 2%. Dengan menaikkan target inflasi,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya