Selasa 11 Januari 2022, 11:20 WIB

Transkon Jaya Siap Pisahkan Bisnis Internet Service Provider

mediaindonesia.com | Ekonomi
Transkon Jaya Siap Pisahkan Bisnis Internet Service Provider

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Layar menampilkan pergerakan indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

 

PT Transkon Jaya Tbk (TRJA), perusahaan bergerak di bidang penyewaan kendaraan dan penyedia layanan jaringan internet menyatakan akan memisahkan (spin off) segmen usaha internet service provider perseroan.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Minggu (9/1/2022), PT Transkon Jaya Tbk  menambah lini baru atau segmen usaha dengan merek PACNet pada 2011.

Segmen usaha ini memiliki kegiatan usaha sebagai penyedia layanan jaringan internet yang fokus di wilayah terpencil terutama di Kalimantan dan Indonesia Timur dengan sasaran utama perusahaan perkebunan dan perumahan.

Setelah 11 tahun berjalan, segmen usaha internet service provider tersebut berkembang pesat di Balikpapan dengan didukung lima keunggulan produk PACNet. 

“Melihat begitu berkembangnya bisnis layanan internet yang dikelola oleh segmen usaha PACNet dan adanya proyeksinya bertambahnya klien dengan pasar yang lebih luas, perseroan berencana memisahkan segmen usaha internet service provider,” tulis perseroan.

Oleh karena itu, perseroan akan mendirikan entitas anak yang akan dimiliki dengan kepemilikan saham 90% dalam modal ditempatkan dan disetor entitas anak perseroan.

Pendirian anak usaha ini untuk menciptakan pemekaran kegiatan usaha melalui entitas anak yang didirikan sehingga pelaksanaan kegiatan usaha berdasarkan spesifikasinya tersebut dapat menjadi lebih solid dan independent.

Selain itu, mengintegrasikan operasi bisnis internet service provider agar dapat dikelola dengan fokus dan tidak menjadi divisi-divisi yang terpisah, serta memunculkan kemandirian risiko di mana perseroan dan entitas anak perseroan akan terhindar dari segala risiko seperti risiko tuntutan atau gugatan hukum maupun risiko kegagalan bisnis.

Perseroan meyakini dengan pemisahan yang dilakukan akan membuat bisnis internet service provider menjadi lebih berkembang dengan dialihkannya manajemen dan kepengurusan PACNet secara keseluruhan kepada bakal entitas anak perseroan.

Pemisahan segmen usaha ini seiring melihat banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan, perkebunan dan pertambangan yang memerlukan layanan internet yang mampu menjangkau seluruh daerah hingga daerah terpencil dengan kecepatan akses dalam layanan internet.

“PACNet menyediakan layanan yang mampu menjangkau hingga daerah terpencil dengan harga yang terjangkau bagi customer baik perseorangan maupun perusahaan dan badan usaha lainnya,” tulis perseroan dalam ringkasan rancangan pemisahan.

Perseroan menyatakan, hal ini akan menjadi peluang bisnis yang lebih besar bagi perseroan untuk mengembangkan bisnis internet service provider sehingga dapat memperoleh pelanggan dalam pangsa pasar lebih besar.

Pemisahan segmen usaha internet service provider ini merupakan bagian dari rencana penyertaan modal perseroan kepada entitas anak perseroan.

PT Transkon Jaya Tbk berencana memiliki penyertaan sebesar 90% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor entitas anak perseroan. Kemudian masing-masing 5% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor entitas anak perseroan dimiliki oleh PT Damai Investama dan PT MSJ Investama. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Erick Janji Terus Fasilitasi Pasokan BBM & Pembiayaan untuk Nelayan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:28 WIB
Menteri BUMN menggaransi pihaknya akan memprioritaskan pembiayaan bagi...
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Pasca-Insiden, Kilang Balikpapan Pastikan Produksi BBM Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:17 WIB
Pasca-flash di Plant 5 yang merupakan salah satu unit di area Kilang Balikpapan, Pertamina memastikan produksi BBM tetap berjalan sehingga...
Ist

PB HMI Apresiasi Pemerintah dan Polri dalam Tangani Lalu Lintas Lebaran

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 12:35 WIB
Pemerintah Indonesia memiliki kinerja yang baik dalam penanganan dan penyelenggaraan arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1443...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya