Rabu 05 Januari 2022, 14:31 WIB

Tips Mengembangkan Bisnis dari CekAja

mediaindonesia.com | Ekonomi
Tips Mengembangkan Bisnis dari CekAja

Ist/CekAja
Kredit Tanpa Agunan adalah produk pinjaman uang tunai di mana peminjam tidak perlu menyertakan jaminan.

 

DALAM mengelola bisnis, pemilik usaha tidak hanya berfokus dengan mendapatkan keuntungan dan mempertahankan keberlangsungan usaha namun juga bagaimana bisnis itu dapat berkembang.

Namun, terdapat banyak langkah dan perencanaan yang perlu disiapkan untuk mengembangkan suatu bisnis. 

Sebelum mengembangkan bisnis, Anda perlu menganalisa kondisi usaha anda. Aspek yang harus diamati antara lain basis pelanggan loyal yang kuat, terdapat permintaan dari konsumen, dan bisnis anda sudah mendapatkan untung kurang lebih 3 tahun.

Selain itu, tim di dalam perusahaan Anda harus dalam kondisi solid dengan keterampilan mumpuni, industri di mana pasar anda berada terus berkembang, arus kas yang positif, serta produk yang anda pasarkan memiliki potensi pengembangan yang baik.

Tips Pengembangan Bisnis

Tips pertama adalah diversifikasi bisnis. Dengan menawarkan ragam produk yang ditawarkan, perusahaan dapat meningkatkan skala perusahaan. Agar produk baru yang ditawarkan sesuai dengan target konsumen, pemilik usaha perlu melakukan riset pasar.

Riset pasar mampu memberikan pemahaman komprehensif kepada pelaku usaha mengenai perilaku konsumen dan tren pasar untuk menentukan strategi pengembangan dan pemasaran produk yang efektif.

Selanjutnya, menjangkau lebih banyak konsumen baru. Untuk mencapai ini, diperlukan penambahan segmentasi konsumen. Yang sebelumnya terbatas pada sekelompok kecil orang, pengusaha dapat memperluas cakupan konsumen yang ditargetkan dari aspek demografi, geografis maupun aspek lainnya.

Setelah menentukan segmen pasar baru, perusahaan dapat melakukan ekspansi usaha seperti menambah cabang di daerah baru atau membuka layanan online yang dapat menjangkau pelanggan dari berbagai daerah. 

Tips berikutnya adalah membangun hubungan bisnis dengan konsumen. Bisnis dengan hubungan yang baik bagi kepada konsumen lama maupun konsumen barunya memiliki kesempatan lebih tinggi dalam mendatangkan repeat customer atau konsumen yang datang kembali ke bisnis anda.

Hubungan ini bisa dimulai dari memberikan layanan terbaik, channel komunikasi yang aktif, serta layanan aduan dan feedback dari konsumen yang terpadu.

Dengan melakukan hal ini menunjukkan komitmen mereka terhadap kepuasan pelanggan sehingga menghasilkan customer loyalty atau loyalitas dari pelanggan.

Langkah terakhir yang dapat dicoba untuk pengembangan bisnis adalah menjalin kerjasama dengan bisnis lain yang memiliki visi serupa. Partner bisnis yang tepat dapat memberikan kita kesempatan untuk menjangkau pasar baru yang sudah dimiliki oleh mereka.

Selain itu, dengan produk atau layanan yang saling melengkapi mampu menjadi ciri khas dari bisnis anda yang tidak dapat ditemui di kompetitor lain sehingga unggul di mata konsumen.

Kiat-kiat ini dapat diaplikasikan pada semua usaha, tidak terbatas pada skala maupun jenis bisnis tersebut. Untuk mengakselerasi pengembangannya, diperlukan suntikan dana sebagai modal ekspansi. Dengan memiliki sumber modal baru, pebisnis lebih leluasa dalam menjalankan strategi pengembangan usaha.

Kredit Tanpa Agunan

Salah satu sumber dana yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik usaha adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kredit Tanpa Agunan adalah produk pinjaman uang tunai di mana peminjam tidak perlu menyertakan jaminan untuk mendapatkan dana tunai sesuai kebutuhan.

Hampir semua bank di Indonesia memiliki produk KTA dengan fitur dan biaya yang berbeda. Variasi produk ini mampu dimanfaatkan oleh seluruh pebisnis usaha dari berbagai sektor.

CekAja.com sebagai aggregator finansial di Indonesia memiliki layanan perbandingan di mana pengusaha dapat membandingkan KTA dari berbagai bank untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan baik dari segi tenor, bunga, hingga kemudahan yang ditawarkan. 

Selain mengetahui produk KTA terbaik, CekAja.com memudahkan pemilik usaha untuk mengajukan pinjaman dalam bentuk Kredit Tanpa Agunan kepada bank pilihan. Dengan apply KTA online melalui CekAja, pengusaha dapat mengajukan pinjaman secara cepat, mudah, dan aman. (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP/Remy Gabalda

Emirates Memulai Kembali Penerbangan ke Bali

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:00 WIB
Penerbangan harian ini artinya memastikan layanan penerbangan akan berjalan non-stop dan mempermudah masyarakat di Dubai untuk menuju...
Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya