Selasa 28 Desember 2021, 10:57 WIB

Konsumsi BBM Pertamax Naik 17% Saat Libur Natal

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Konsumsi BBM Pertamax Naik 17% Saat Libur Natal

ANTARA
SPBU

 

PADA Masa Libur Natal tahun ini, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax naik 17% pada 25 Desember dibandingkan konsumsi rata2 normal harian. 

Area Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, konsumsi BBM diesel jenis Dexlite juga ikut naik pada hari H Natal. 

Baca juga: Puan Maharani Minta Pemerintah Kendalikan Harga Bahan Pokok

"Pada perayaan Natal, ada peningkatan konsumsi juga terjadi pada BBM jenis Pertamax Turbo sebesar 10%, Pertamina Dex naik 5%, dan & Dexlite naik signfikan hingga 67% dibandingkan konsumsi normal harian," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (28/12).

Eko menambahkan, tren ini menunjukkan bahwa para pengendara cenderung menempuh penjalanan dengan memilih BBM berkualitas atau dengan nilai oktan tinggi. 

Pertamax Turbo diketahui memiliki Research Octane Number (RON) 98 dan Pertamax dengan RON 92 untuk kendaraan mesin bensin. 

Sedangkan, Pertamina Dex dengan Cetane Number (CN) 53 untuk kendaraan mesin diesel akan menjamin pembakaran mesin kendaraan lebih maksimal. 

“Penggunaan Pertamax Series dan Dex Series cocok untuk perjalanan jauh karena keunggulannya mesin menjadi lebih dingin, irit bahan bakar, serta ramah lingkungan,” jelas Eko. 

Pada masa Libur Natal dan Tahun Baru, Pertamina Regional Jawa Bagian Barat sejak awal Desember hingga pertengahan Januari menyiagakan seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), yang berada di jalur utama dan wisata guna memperkuat pelayanan penyaluran BBM.

Ada 53 unit mobile storage atau mobil tangki berisi BBM yang tersebar di Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. 

Mobil tangki ini, lanjut Eko, bertujuan untuk mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU ketika tangki SPBU mulai kosong, sehingga stok BBM dapat terjaga. (OL-6)

Baca Juga

Ist/DPR

Anggota DPR: Kuartal II 2022 Tumbuh Positif, Pemulihan Ekonomi Terus Berlanjut

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:28 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin menilai momentum pemulihan ekonomi terus berlanjut dan semakin menguat di tengah kondisi...
Dok.Ist

PHR Serahkan Draf Rencana Penerapan CEOR Tahap 1 Lapangan Minas ke SKK Migas

👤Mediaindonesia,com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:24 WIB
Saat ini WK Rokan berkontribusi sekitar seperempat dari total produksi...
MI/Ramdani

Perlu Sinergitas dalam Pembiayaan Karbon Biru

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 08:15 WIB
AFD mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam pengelolaan ekosistem karbon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya