Rabu 22 Desember 2021, 16:32 WIB

Ekonomi Kreatif Ikut Menopang Perkembangan Kawasan Industri

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Ekonomi Kreatif Ikut Menopang Perkembangan Kawasan Industri

Dok. Pribadi
Menparekraf Sandiaga Uno saat meresmikan The Surosowan Restaurant

 

KEBERADAAN ekonomi kreatif turut menjadi penopang dari perkembangan kawasan industri. Dengan begitu, kawasan industri bisa dengan mudah melakukan peralihan atau shifting ke sektor-sektor new economy yang berbasis kreatif dan digital. 

Hal itu ditegaskan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat meresmikan The Surosowan Restaurant di Cilegon, Banten, Rabu (22/12). Menurutnya, sudah banyak kota industri di dunia yang sukses beralih ke sektor new economy dengan membuka peluang bagi ekonomi kreatif dan ekonomi digital. 

"Saya mendukung kehadiran ekonomi kreatif yang menopang kawasan Industri. Cilegon punya kesempatan untuk bisa shifting dengan membuka peluang terhadap ekonomi digital. Apalagi, Cilegon punya kedekatan dengan Ibu kota dan Lampung sebagai kawasan industri di Sumatera. Cilegon adalah pintu masuk ke Pulau Jawa," ujar Sandi. 

Di Kemenparekraf, lanjut Sandiaga, pihaknya juga punya konsep creatvie hub yang merupakan platform untuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lain mengembangkan ekonomi kreatif. Ia menegaskan, pengembangan ekonomi kreatif juga bisa membuka lapangan kerja baru. 

Baca juga : KKP Pasang Satelit 24 Jam Awasi Kapal Asing Ilegal 

Wali Kota Cilegon Heldy Agustian mengatakan, pengembangan ekonomi kreatif menjadi perhatian pihaknya karena tingkat pengangguran di Cilegon cukup tinggi, hingga 12% dari Angkatan kerja. Cilegon tercatat menjadi kota nomor dua di dengan tingkat pengangguran tertinggi di Banten. 

"Di Cilegon pelaku UMKM banyak, tapi tidak tersentralisasi, kami akan bangun satu pusat UMKM di Kota Cilegon supaya memacu kreativitas. Kita juga akan buat aktivitas semacam car free night agar ekonomi kreatif juga tumbuh," katanya. 

Di sisi lain, dari sisi pariwisata, Heldy menyebutkan, sebagai pintu masuk Pulau Jawa, Cilegon memiliki 2 Pulau yang bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata. Pulau itu biasa dipakai sebagai lokasi penyeberangan kapal. "Jika diizinkan bisa dijadikan Sentosa Island-nya Indonesia," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT. Krakatau Steel Silmy Karim berharap, kehadiran The Surosowan Restaurant bisa menjadikan Cilegon bukan hanya dikenal sebagai Kota Industri, tapi juga Kota kuliner. The Surosowan berada di kawasan yang dikelola PT Krakatau Sarana Properti, anak usaha PT Krakatau Steel. Restoran itu menyajikan menu khas Cilegon dan juga sejumlah menu makanan lainnya (RO/OL-7) 

Baca Juga

Antara/HO BNBR

Realisasikan Investasi RI-Inggris, Bahlil bakal Bentuk Tim Khusus

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:25 WIB
“Saya pikir kita perlu membuat tim khusus untuk merealisasikan kerja sama ini yang akan kita teken saat Konferensi Tingkat Tinggi...
Dok. Pribadi

Konsep Aparthouse Manjakan Konsumen dengan Rumah Berkonsep Apartemen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:19 WIB
Konsep aparthouse menggabungkan rumah tapak dengan nuansa apartemen, serta status kepemilikan sertifikat hak milik...
Dok. Kemendag

Lutfi Ajak Peserta WEF Kembali ke Prinsip-Prinsip Perdagangan untuk Sejahterakan Masyarakat

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:40 WIB
“Ini saatnya bagi dunia untuk kembali ke perdagangan. Perdagangan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan melawan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya