Minggu 19 Desember 2021, 12:09 WIB

JAPNAS : Sinergitas Penting untuk Dukung Pemulihan

Mediaindonesia.com | Ekonomi
JAPNAS : Sinergitas Penting untuk Dukung Pemulihan

Dok.JAPNAS
Ketua Umum JAPNAS Bayu Priawan Djokosoetono

 


JARINGAN Pengusaha Nasional (JAPNAS) menyampaikan pentingnya sinergisitas bagi para pengusaha untuk menjamin ekonomi Indonesia bangkit. 

“Pandemi Covid mengakibatkan tekanan bagi sektor usaha, di tahun 2022 kondisi perekonomian diperkirakan akan membaik. Namun untuk pulih diperlukan soliditas pelaku usaha dan sinergitas antara pengusaha satu dengan yang lain,” kata Ketua Umum PP JAPNAS Bayu Priawan Djokosoetono dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I 2021, di Gran Melia Hotel, Jakarta, Sabtu (18/12).

Pada quartal III 2021.lanjutnya kondisi ekonomi mengalami pemulihan, dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 3,5%. Tentu ini karena adanya sinergitas yang baik antar pengusaha serta stakeholder di Indonesia. 

“ Tahun 2022 diperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai angka 5,3 %. Prediksi ini cukup menggembirakan bagi sektor usaha. Artinya iklim usaha semakin membaik dan semakin positif,” ujarnya.

Menurut Bayu, sinergitas antar pengusaha dan pengusaha dengan pemerintah merupakan kunci kebangkitan perekonomian nasional. Dalam pandemi ini kita mengahadapi dua tantangan besar. Pertama di bidang kesehatan dan kedua di bidang ekonomi. "Dengan semangat sinergitas dan kolaborasi, pemulihan ekonomi nasional akan berjalan,” tandasnya.

Senada dengan Bayu, Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid menyampaikan  dalam video sambutannya menyampaikan bahwa saat pendemi ini, untuk merubah tantangan menjadi peluang diperlukan tiga energi utama yaitu; digitalisasi, inovasi, dan kolaborasi. Digitalisasi ini telah dilakukan di dunia pendidikan dan bisnis. 

“ Kedua, sektor usaha yang bertahan hanya mereka yang melakukan inovasi. Dan ketiga kolaborasi, gotong royong antara sektor usaha dan pemerintah dalam menangani dampak covid-19 baik itu di sektor kesehatan maupun ekonomi,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum KADIN Indonesia juga mengajak kepada para pengusaha, pada khususnya untuk bersinergi dan bergotong royong untuk memberikan sumbangsih lebih bagi pembangunan ekonomi nasional. “ Jika kita saling berkolaborasi, berinovasi, dan mampu memanfaatkan digitalisasi, kami yakin ini akan mampu merubah tantangan menjadi peluang,” lanjutnya.

Ketua Panitia Pelaksana Rakornas I JAPNAS, Iben Rifa menjelaskan bahwa Rakornas merupakan agenda wajib JAPNAS yang bertujuan untuk melakukan evaluasi program kerja organisasi, serta untuk menentukan waktu dan tempat pelaksanaan Musyawarah I JAPNAS. 

“Kami akan melaksanakan Munas I beberrapa bulan ke depan, melalui Rakornas ini Alhamdulillah melalui proses yang demokratis, Pengurus Wilayah (PW) JAPNAS Provinsi Nusa Tenggara Barat terpilih sebagai tuan rumah Munas I JAPNAS, tapi tentu dengan melihat perkembangan penanganan pandemi Covid-19 ke depan,” ungkap Iben.

Iben juga bersyukur, bahwa Rakornas I bisa dihadiri oleh 20 PW JAPNAS yang sudah terbentuk. “ Acara Rakornas berjalan dengan lancar, semarak, dan semua PW hadir, baik  secara on line maupun langsung hadir di Gran Melia Jakarta. Dan yang paling penting, hasil yang diputuskan sangat sesuai dengan proses demokratisasi di JAPNAS,” tutupnya (RO/E-1)
 

Baca Juga

DOK BP BATAM

Wakil Kepala BP Batam Terima Kunjungan Kerja Civil Service College Singapore

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 08:32 WIB
Mark Low menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja Civil Service College Singapore (CSC) ke BP Batam untuk mempererat hubungan baik antara...
MI/HO

Menko Perekonomian Bertemu CEO Qualcomm Bahas Peluang Investasi Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:40 WIB
Menko Airlangga menyampaikan perbaikan ekonomi pascapandemi menjadi peluang untuk mentransformasi perekonomian dan berbagai aktivitas...
DOK Pribadi.

Appnindo Minta Insentif untuk Rokok Elektrik seperti Mobil Listrik

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 23 Mei 2022, 07:10 WIB
Cukai vape sistem tertutup (closed system) lebih tinggi 13 kali lipat dari sistem terbuka (open system), meski sama-sama menggunakan likuid...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya