Rabu 08 Desember 2021, 16:48 WIB

Bandara Tebelian Sintang Kalbar Beroperasi 17 Desember

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Bandara Tebelian Sintang Kalbar Beroperasi 17 Desember

Antara/Jessica Wuysang.
Ilustrasi bandara.

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (8/12), meresmikan Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Bandara ini akan beroperasi dalam waktu dekat guna meningkatkan konektivitas, dan mendukung industri pariwisata di Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Melawi.

"Bandara ini akan beroperasi kembali pada 17 Desember 2021, setelah sempat berhenti beroperasi akibat pandemi," kata Menhub dalam keterangannya, Rabu (8/12). Lebih lanjut Budi menjelaskan, pembangunan bandara ini diharapkan dapat memudahkan aksesibilitas masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat wilayah sekitar.

Dengan infrastrukur yang memadai, distribusi barang atau logistik pun diyakini semakin lancar sehingga biaya logistik di Indonesia bisa efisien dan berdaya saing. "Pak Presiden mengamanatkan kepada kami bahwa bandara-bandara di perbatasan harus diperhatikan secara khusus," kata Menhub.

Sebagai informasi, Bandara Tebelian memiliki landas pacu sepanjang 1.820 meter x 30 meter yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72/600 dengan Apron mampu menampung empat pesawat jenis ATR-72/600 pada saat bersamaan, dilengkapi terminal penumpang seluas 2.000 m2 yang mampu melayani 75 ribu penumpang per tahun.

Baca juga: Erick Tunjuk Eks Wakil Kepala Densus 88 Jadi Komisaris RNI

Penerbangan di Bandara Tebelian akan kembali beroperasi oleh maskapai Wings air dengan rute Pontianak-Sintang. Sebelumnya jumlah penumpang di Bandara Tebelian mencapai 100 ribu orang per tahun, tetapi sempat mengalami penurunan penumpang karena dampak pandemi. (OL-14)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Lakukan Analisis Ekonomi Pengendalian Rabies di Kalbar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 09:11 WIB
Nuryani mengatakan, Provinsi Kalbar merupakan salah satu provinsi di Indonesia endemis...
dok.ant

Indonesia Kampanyekan Dunia Kerja yang Inklusif Di Ajang G20

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 27 Januari 2022, 08:15 WIB
DALAM pelaksanaan G20 Indonesia bidang ketenagakerjaan, Kementerian Ketenagakerjaan akan mengampanyekan dunia kerja yang inklusif bagi...
AFP

Bank Sentral AS Kemungkinan Naikkan Suku Bunga Maret

👤Muhamma Fauzi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 07:26 WIB
FEDERAL Reserve AS atau Bank Sentral AS pada Rabu (26/1/2022) mengatakan kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada Maret...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya