Selasa 07 Desember 2021, 23:14 WIB

Permintaan Komponen Otomotif Naik, Lanxess Perluas Jaringan Produksi Plastik Teknologi Tinggi 

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Permintaan Komponen Otomotif Naik, Lanxess Perluas Jaringan Produksi Plastik Teknologi Tinggi 

Dok Lanxess
Fasilitas produksi milik Lanxess

 

INDUSTRI otomotif kembali bergeliat dengan pulihnya perekonomian beberapa negara. Hal itu juga berpengaruh terhadap rantai pasok komponen otomotif. Untuk itu, perusahaan bahan kimia khusus, Lanxess menyiapkan strategi dengan memperluas jaringan produksi plastik rekayasa berteknologi tinggi di Changzhou,Tiongkok, 

Produk plastik berteknologi tinggi dengan jenama Durethan dan Pocan itu memungkinkan konstruksi komponen yang dapat menggantikan bagian logam pada kendaraan bermotor, yang kemudian berkontribusi pada pengurangan bobot, konsumsi energi, dan emisi terkait. 

Bahan-bahan inovatif yang digunakan, misalnya, dalam aplikasi mesin, struktur pintu, tulangan bodi, pedal, ujung depan, dan balok silang mobil. Tergantung pada bagiannya, desain yang ringan berkontribusi pada penghematan hingga 50 persen. 

Hal itu menurut anggota Dewan Manajemen Lanxess Hubert Fink, juga untuk menjawab tingginya permintaan komponen terhadap kendaraan yang sumber tenaganya berasal dari listrik ((e-mobility). Peningkatan permintaan itu tercatat salah satunya berasal dari Tiongkok. 

Baca juga : Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Bagian dari Komitmen Pengurangan Emisi 

Lanxess menyiapkan investasi sebesar 30 Juta euro untuk meningkatkan kapasitas di Changzhou sebesar 30.000 metrik ton per tahun. Menggunakan fasilitas yang sudah tersedia di Changzhou dan Wuxi, maka total kapasitas compounding Lanxess di Tiongkok akan naik ke angka 110.000 metrik ton per tahun. Lini baru ini rencananya akan mulai beroperasi pada kuartal pertama 2023. 

“Ekspansi dilakukan untuk memenuhi tingginya permintaan dari industri otomotif Tiongkok yang sedang berkembang. Kini adalah era dimana kendaraan beralih menggunakan elektronik sebagai sumber tenaganya atau biasa disebut Electro Mobility (e-mobility). Kondisi ini mendorong persyaratan baru untuk aplikasi-aplikasi ringan selain terus meningkatnya pangsa komponen elektronik yang digunakan di mobil”, ujar Hubert 

Hubert menambahkan, pihaknya melihat e-mobility sebagai bidang utama aplikasi untuk senyawa poliamida (PA) 6 dan PA 66 Durethan, senyawa polibutilena tereftalat (PBT) Pocan serta komposit yang diperkuat serat (Fiber-Reinforced Composites/FRC) tak berujung dari Tepex. 

Lanxess telah menawarkan berbagai macam produk yang memenuhi standar dan norma paling menantang dari industri listrik dan elektronik di seluruh dunia terkait penghambat api, sifat kelistrikan, dan perilaku ekologis (ecological behavior). (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK MI

Wamendag: Pasar Rakyat, Penggerak Roda Perekonomian Rakyat

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:35 WIB
tiga tugas utama Kementerian Perdagangan terkait ketahanan pangan, keseimbangan neraca perdagangan, dan pembangunan/revitalisasi pasar...
Dok. PT Taspen

Erick Rombak Susunan Direksi PT Taspen 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:31 WIB
Sementara itu, Rena Latsmi Puri sebagai Direktur Keuangan menggantikan Patar Sitanggang, Ariyandi sebagai Direktur...
Dok. Pribadi

Teken MoU, Riyadh Group Indonesia Kembangkan The Grand Mangkuputra Arcade Cilegon Seluas 4,5 Hektar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:28 WIB
Lewat kesepahaman ini, nanti Riyadh Group Indonesia akan mengelola dan mengembangkan Hotel The Grand Mangkuputra Arcade...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya