Selasa 07 Desember 2021, 19:05 WIB

ESDM : Seluruh Trafo Listrik Sudah Pulih

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
ESDM : Seluruh Trafo Listrik Sudah Pulih

Antara/Ari Bowo Sucipto
Pemulihan aliran listrik pasca erupsi Gunung Semeru

 


KEMENTERIAN   Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut, per Senin malam (6/12), 112 trafo listrik terdampak erupsi Gunungapi Semeru, Jawa Timur, telah beroperasi normal dan 28.041 pelanggan telah kembali mendapatkan akses listrik.

Untuk mempercepat pemulihan listrik di daerah terdampak Erupsi Semeru, diterjunkan 124 personel PLN yang bersiaga.

"Alhamdulillah tadi malam seluruh trafo listrik sudah pulih dan hampir seluruh pelanggan kembali mendapatkan akses listrik. Rekan-rekan PLN telah berupaya keras untuk memulihkan akses listrik di wilayah terdampak erupsi Gunungapi Semeru," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya, Selasa (7/12).

Meski seluruh trafo telah menyala, hingga saat ini masih ada 2.482 pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan yang listriknya belum nyala karena kondisi rumah warga yang rusak.

"Untuk penormalan listrik di 2.482 pelanggan ini, kami masih menunggu informasi dari pihak berwenang dan kondisi aman," ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adi Priyanto.

PLN juga mengaku berhasil membangun jaringan tegangan menengah 20 kilovolt (kV) sepanjang 300 meter yang menghubungkan penyulang Pronojiwo ke penyulang Ampel Gading untuk penormalan pelanggan terdampak erupsi.

Perusahaan pelat merah itu juga telah mengumpulkan genset portable berkapasitas 2,2 sampai 4 Kilo Watt (KW) sebanyak 8 unit, kapasitas 23 KW sebanyak satu unit dari dari Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3). (Ins/E-1)

Baca Juga

MI/ Abdillah M Marzuqi

Menkop UKM Tegaskan Tak Ada PEN dalam Bentuk Bantuan Ternak di NTB

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 26 Januari 2022, 23:47 WIB
Yang ada hanyalah bantuan hibah untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan jumlah bantuan Rp1 Juta per...
Dok. Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Perkuat Proses Distribusi dan Pengawasan dengan Teknologi Digital 

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:49 WIB
Selain dapat mengawasi proses distribusi, sistem yang dinamai Distribution Planning & Control System (DPCS) itu juga mampu mengetahui...
MI/Haryanto Mega

Menaker Dorong BUMN dan Swasta Pekerjakan Penyandang Disabilitas 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:15 WIB
Pada 2021, sebanyak 1.271 penyandang disabilitas telah bekerja di 72 Badan Usaha Milik Negara dan 4.554 penyandang disabilitas telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya