Kamis 02 Desember 2021, 19:48 WIB

Airlangga Sebut PIDI 4.0 Jadi Bukti Perubahan Teknologi Digital Indonesia

RO/Micom | Ekonomi
Airlangga Sebut PIDI 4.0 Jadi Bukti Perubahan Teknologi Digital Indonesia

dok kemenko perekonomian
.

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0. Dalam peresmian tersebut, Airlangga mengatakan, pembangunan PIDI 4.0 merupakan bukti nyata upaya Indonesia dalam perubahan menuju Industri 4.0, dengan memperhatikan peningkatan nilai tambah dan kapasitas dalam global value chain.

“Saya sangat mengapresiasi pembangunan PIDI 4.0 yang merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia, sekaligus menjadi showcase Making Indonesia 4.0 untuk dunia terutama dalam hal digitalisasi,” tutur Airlangga dalam sambutannya di acara Peluncuran PIDI 4.0, Kamis (2/12).

Airlangga menjelaskan, PIDI 4.0 merupakan upaya nyata pemerintah untuk mendukung tema besar Presidensi G20 Indonesia yakni “Recover Together, Recover Stronger”, yang dilakukan secara inklusif, adaptif, dan implementatif.

Transformasi digital sendiri, merupakan pilar kedua dari tiga pilar utama dalam tema tersebut. Selebihnya ialah arsitektur kesehatan global dan transisi energi keberlanjutan.

“Tentu di pilar yang kedua ini agar tidak sebatas narasi, tetapi juga ada showcasing dalam bentuk yang lebih nyata, sesuai pidato Presiden Joko Widodo kemarin di mana arahannya agar pelaksanaan forum G20 tidak berfokus kepada seremoni-seremoni namun kepada hal yang lebih praktikal, dan lebih terutama lagi yaitu apa yang akan didapatkan oleh Indonesia dalam Presidensi G20 nanti,” jelas Airlangga.

PIDI 4.0 merupakan sebuah lembaga pemerintah, khususnya bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri untuk membantu industri di Indonesia dalam bertransformasi menuju industri 4.0. PIDI 4.0 memiliki lima layanan utama dalam membantu industri bertransformasi ke industri 4.0.

"PIDI 4.0 menawarkan 5 layanan utama yaitu Showcase Center, Delivery Center, Capability Center, Ecosystem for Industry 4.0, dan Engineering and AI Center," kata Airlangga. (J-1)

Baca Juga

MI/heri susetyo

Insentif PPN Properti dan Otomotif Incar Dana Kelas Menengah Atas

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 21 Januari 2022, 07:25 WIB
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan logika dari kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tersebut...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

PLN Beberkan Sejumlah Masalah dalam Perdagangan Emisi Karbon 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:58 WIB
"Oleh karena itu, ketentuan mengenai mekanisme implementasi cap, trade and tax dibutuhkan sebagai rujukan bagi PLN sebagai persiapan...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Paparkan Strategi Indonesia Wujudkan Ekonomi Hijau di World Economic Forum 

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:46 WIB
Menurutnya, laju deforestasi turun signifikan sampai 75 persen pada periode 2019-2020, di angka 115 ribu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya