Senin 15 November 2021, 21:19 WIB

Tingkatkan Literasi Finansial lewat Kompetisi Trading

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Tingkatkan Literasi Finansial lewat Kompetisi Trading

Dok. Ternak Uang
Kompetisinya trading yang digelar Ternak Uang

 

UNTUK meningkatkan animo dan wawasan dan meningkatkan literasi finansial, platform belajar investasi, Ternak Uang menyelenggarakan program Trading Competition. Program ini merupakan sebuah kompetisi perorangan untuk menguji kemampuan analisis teknikal peserta dalam bertransaksi di pasar modal. 

Para peserta diharapkan untuk memaksimalkan keuntungan dari modal pribadi yang digunakan untuk trading dalam jangka waktu 2 bulan. Setelah 2 bulan, peserta yang meraih posisi Top 5 akan diundang untuk melakukan presentasi di hadapan juri untuk memaparkan strategi trading yang dilakukan.

Co-ounder Ternak Uang Timothy Ronald mengatakan, trading competition diadakan seiring dengan meningkatnya tren berinvestasi di kalangan generasi muda. Pasalnya, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah investor muda tertinggi sepanjang sejarah bursa.

"Trading Competition ini akan mengasah kemampuan dan daya analisis peserta dalam menjalankan trading. Selain itu, program ini diharapkan mampu membuka kesempatan baru bagi para peserta pemula untuk menambah keuntungan monetary dan karir," ujarnya dalam keterangan tertulis. 

Terkait skema kompetisi, pendaftaran peserta dimulai pada 11 November hingga 3 Desember mendatang. Peserta diharuskan untuk menjadi member aplikasi Ternak Uang, mendaftarkan diri melalui aplikasi, dan membuat akun sekuritas untuk dapat melakukan trading. 

Baca juga : Pasar Saham Dunia Naik Tunggu Lebih Banyak Data Inflasi

Selanjutnya, peserta yang terpilih akan dibekali serangkaian pelatihan dengan praktisi pasar modal, seperti tokoh praktisi pasar modal Ryan Filbert, CEO Sucor Sekuritas Bernard Wijaya, professional trader Michael Yeoh, dan technical trader saham Andy Senjaya.

Setelah mendaftar dan mengikuti pelatihan yang disediakan, seluruh peserta berkesempatan untuk mengikuti main event trading competition yang dijadwalkan mulai 6 Desember 2021-4 Februari 2022 mendatang. Penilaian pemenang akan ditentukan berdasarkan percentage return yang diterima peserta, bukan dari trading volume ataupun transaction value. 

Melalui skema seperti itu, Ternak Uang ingin memberikan peluang yang sama kepada siapapun untuk menang, terlepas dari nominal portfolio yang dimiliki. 

“Sejak awal, Ternak Uang dibangun untuk memberikan akses yang sama kepada semua orang untuk dapat belajar dan mendapatkan informasi terkait literasi keuangan. Dengan semangat yang sama, trading competition ini pun diadakan untuk memberikan peluang dan kesempatan yang sama agar semua orang bisa menang, terlepas dari jumlah aset yang dimiliki.” tutur Timothy. 

Gelaran Trading Competition ini akan berakhir saat pengumuman pemenang di bulan Februari 2022 mendatang. Seluruh pemenang yang mengikuti berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah sebesar Rp1,1 miliar. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Arnas Padda

Rayakan HUT Ke-60, STP AUP Gelar Reuni Akbar

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 12:29 WIB
“Lulusan yang telah dihasilkan oleh AUP, kalau kita lihat proporsinya yang bisa bekerja di Industri sangat besar. Sudah 12.080 alumni...
Dok. DPR RI

Pengelolaan BUMN Jangan Hanya Berdasarkan Kompetensi, Tapi Juga Aspek Pencegahan Moral Hazard

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:54 WIB
pengelolaan BUMN pelat merah seperti PT Garuda Indonesia, Tbk tak cukup hanya bermodal kompetensi, tetapi juga harus bisa mencegah moral...
Dok. DPR RI

Komisi IX Minta Kejelasan Penyajian Data Tenaga Kerja Asing di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:47 WIB
Kejelasan data itu penting sebagai bagian dari pengawasan dan juga untuk evaluasi bersama terkait dengan berbagai macam keluhan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya