Kamis 11 November 2021, 14:06 WIB

400 Ribu Lebih NIB Diterbitkan melalui OSS

M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
400 Ribu Lebih NIB Diterbitkan melalui OSS

DOK BKPM.
Badan Koordinasi Penanaman Modal.

 

HINGGA 11 November 2021, sebanyak 426.245 Nomor Izin Berusaha (NIB) telah diterbitkan melalui implementasi Online Single Submission (OSS). Sistem yang diluncurkan pada 9 Agustus 2021 itu dinilai efektif dan efisien dalam kepengurusan perizinan berusaha.

Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Yuliot mengatakan, melalui OSS pemerintah juga dapat melihat secara detail skala usaha, jenis investasi, dan sebaran investasi usaha pemegang NIB di seluruh Indonesia. "Tentu ini untuk seluruh sektor. Hampir seluruh kegiatan perizinan berusaha, baik yang bersifat perizinan berusaha atau perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha sudah dilakukan melalui sistem OSS berbasis risiko," jelasnya dalam Indonesia Bicara bertajuk Kebijakan Investasi dan Ketahanan Nasional, Kamis (11/11).

Pelaku usaha, kata Yuliot, juga dapat mengakses seluruh informasi yang dibutuhkan untuk memulai usaha atau pun berinvestasi. Pasalnya, pemerintah menyematkan berbagai hal penting dalam OSS.

Melalui OSS pula pemerintah menyederhanakan perizinan usaha bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satunya melalui perizinan tunggal berbasis risiko yang juga berlaku sebagai sertifikasi bina UMK dan sertifikasi halal.

Dari 426.245 NIB yang diterbitkan tersebut, melahirkan 696.715 proyek yang mencakup kegiatan perdagangan, industri, pariwisata, pekerjaan umum dan perumahan, pertanian, perikanan, dan pertahanan dan keamanan. Sedangkan perizinan tunggal tercatat telah diterbitkan 185.368 NIB dengan total proyek 203.502. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Digitalisasi Dorong Kopi Indonesia Mendunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:49 WIB
Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu yang berpeluang meraih manfaat besar dari pesatnya perkembangan...
Dok. United

Perluas Akses Mendapatkan Sepeda Berkualitas, SBI akan Buka 2 Pusat Distribusi Tahun Ini 

👤Ghanni Nurcahyadi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:52 WIB
Direktur Utama SBI Andrew Mulyadi mengungkapkan, pusat distribusi itu nantinya akan makin memudahkan konsumen untuk mengakses sepeda...
MI/Susanto

Strategi Penanganan Pandemi Berbuah Manis pada Perekonomian 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:20 WIB
“Strategi penanganan covid-19 menghasilkan hasil yang baik, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan sesuai dengan apa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya