Jumat 05 November 2021, 21:16 WIB

Menko Airlangga : Indonesia Sepakati Peningkatan Kerja Sama Ekonomi RI-UEA

mediaindonesia.com | Ekonomi
Menko Airlangga : Indonesia Sepakati Peningkatan Kerja Sama Ekonomi RI-UEA

Ist
Menko Perekoomian Airlangga Hartarto mendamping Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan dengan pejabat Uni Emirat Arab (UEA).

 

MENKO Perekonomian Airlangga Hartarto yang ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Uni Emiart Arab (UEA) sekaligus Emir Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, mengatakan. Indonesia dan UEA sepakat untuk tingkatkan kerja sama ekonomi.

“Indonesia dan UEA akan terus meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi. Kita juga sepakat untuk terus meningkatkan angka perdagangan dan menaikkan peringkat investasi UEA di Indonesia,” ujar Menko Airlangga pada keterangan pers, Jumat (5/11).

Secara khusus, Indonesia berharap PEA dapat meningkatkan investasi di bidang kesehatan dan ekonomi hijau berkelanjutan.

“Selain itu, juga melakukan langkah-langkah peningkatan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi termasuk di bidang industri pertahanan melalui mekanisme bilateral yang telah terbentuk”, imbuhnya.

Pada pertemuan tersebut Indonesia dan UEA juga menyepakati memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman dan perjanjian antar kedua negara dalam berbagai bidang, baik itu kerja sama antarkementerian, lembaga dan perusahaan antar kedua negara.

Selain investasi, pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Pangeran Syeikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) juga membahas isu di bidang perdagangan. 

Kedua pemimpin sepakat agar perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif atau Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara kedua negara dapat segera diselesaikan pada Maret 2022.

Dalam kunjungan ke PEA kali ini, Indonesia berhasil menyepakati komitmen bisnis dan
investasi senilai US$32,7 miliar dari 19 perjanjian kerja sama yang akan dipertukarkan.

Komitmen bisnis dan investasi tersebut antara lain kerja sama antara Indonesia Investment Authority (INA) dengan Abu Dhabi Growth Fund (ADG), INA dan DB World, floating solar panel antara Masdar dan Pertamina, refinery Balikpapan, manufaktur dan distribusi vaksin dan bio product. 

Selain itu juga berbagai kesepakatan G42 dengan mitra di Indonesia, antara lain di bidang smart cities, telekomunikasi, pengembangan laboratorium genomik, dan lain sebagainya. (RO/OL-09)

Baca Juga

DOK.LPKR

Proyek Terbaru Lippo Karawaci Jawab Kebutuhan Generasi Z

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:35 WIB
Popularitas rumah tapak di sektor properti didukung meningkatnya kesadaran kalangan muda akan pentingnya kepemilikan properti, termasuk...
Dok. Tangkapan layar Youtube Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Ajak B20 Ikut Ciptakan Dunia yang Lebih Baik Lewat Ekonomi Hijau 

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:29 WIB
Presidensi G20 Indonesia akan mengusung tiga tema pokok yaitu transisi menuju ekonomi hijau, pengembangan ekonomi digital serta perbaikan...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Menhub : Pembangunan Transportasi di IKN Butuh Rp582,6 M Tahun Ini 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:17 WIB
“Total kebutuhan pendanaannya mencapai Rp582,6 Miliar untuk tahun 2022,” jelas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya