Kamis 04 November 2021, 19:51 WIB

Bank bjb Ekspor Enam Produk Debitur ke Australia, Kanada, dan Eropa 

mediaindonesia.com | Ekonomi
Bank bjb Ekspor Enam Produk Debitur ke Australia, Kanada, dan Eropa 

Ist/Bank bjb
Bank bjb melepas ekspor produk debitur ke pasar Australia, Eropa, dan Kanada.

 

BANK bjb bekerja sama dengan Indonesia In Your Hand serta PT. Varuna Tirta Prakasya (Persero) atau VTP Logistics melepas ekspor produk debitur atau binaan Bank bjb ke pasar Australia, Eropa, dan Kanada.

Acara yang digelar pada Selasa 2 November 2021 di Lantai 7 Menara Bank bjb, bertujuan untuk mewujudkan program Go Global yaitu upaya Bank bjb mendorong kemajuan usaha debitur UMKM binaannya agar dapat memasarkan produknya ke luar negeri.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Komersial dan UMKM Bank bjb Nancy Aditysari, Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, Pemimpin Kantor Cabang bank bjb Majalaya Adytia Sovana, CEO Indonesia In Your hand Amiranto Adi Wibowo, dan Direktur Utama VTP Logistics Adi Nugroho.

Jenis produk yang akan diekspor tersebut berasal dari enam debitur. Sedangkan jenis produknya adalah Kopi Jawa Barat (Wanoja Coffee), Batik Kasumedangan (Nafira Batik), Kerajinan Rotan (Rifqy Jaya Rattan), Tikar Mendong Tasikmalaya (Ismi Tikar), Kopiah (Gucimas), dan Sapu Ijuk (PT. Tricahaya Mitratama).

Dalam sambutannya, Direktur Komersial dan UMKM Bank bjb Nancy Aditysari, menjelaskan  perhatian bank bjb kepada pelaku UMKM tidak hanya pada produk pembiayaan yang beragam dan terjangkau, namun juga melalui program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi UMKM. 

Dia menambahkan dalam program PESAT, Bank bjb memiliki pilar Go Digital yang menjadi dasar program pemberdayaan melalui digitalisasi, baik untuk pembelajaran maupun untuk komunikasi, yaitu melalui aplikasi DiSentra. 

“Saat ini menjadi tanda bahwa saatnya pilar program pemberdayaan debitur juga bertambah dengan pilar Go Global. Pada akhirnya bank bjb dapat mulai mewujudkan langkah turut serta mendorong kemajuan usaha debitur UMKM Bank bjb melalui kegiatan pemasaran produknya ke luar negeri”, jelas Nancy.

Indonesia In Your Hand Bersama dengan VTP Logistics meluncurkan layanan Fulfillment Center di luar negeri untuk memenuhi kebutuhan warehouse yaitu tempat penyimpanan barang dan pemasaran dengan marketplace dunia.

Dalam hal ini produk-produk debitur UMKM bank bjb dikirim dan disimpan di warehouse tersebut untuk dipasarkan melalui marketplace dunia untuk menanti pembeli di Australia, Kanada, dan negara-negara di Eropa. 

Bank bjb dan Indonesia In Your Hand bersama dengan VTP Logistics bersepakat akan bersama-sama mendorong agar produk-produk debitur UMKM Bank bjb yang memiliki keunggulan dan potensi dapat naik kelas dengan terpasarkan di luar negeri.

Lebih lanjut Nancy mengatakan UMKM memiliki peran penting dalam menggerakan perekonomian daerah. Sebagai motor penggerak, UMKM berkontribusi terhadap penciptaan lebih dari 90% lapangan pekerjaan di tingkat nasional.

"Bank bjb fokus menggarap sektor UMKM yang berorientasi ekspor untuk mendorong pelaku usaha memiliki nilai tambah dan daya saing di pasar global, sekaligus upaya pemulihan ekonomi nasional, terutama di masa pandemi Covid-19. bank bjb mendorong pelaku UMKM khususnya di Jawa Barat agar dapat naik kelas sehingga produk-produk mereka dapat lebih dikenal luas dan mendunia," ujar Nancy. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Ekspor Minyak Goreng Dibuka, Presiden: Kita Tetap Awasi secara Ketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:12 WIB
Keputusan tersebut diambil setelah melihat adanya pasokan di dalam negeri yang terus...
Antara/Bayu Pratama S

Larangan Ekspor CPO Dicabut, Kebijakan Perombakan Persawitan Mendesak Direalisasikan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:54 WIB
"Kami apresiasi, walau harga tandan buah segar (TBS) sawit para petani SPI di berbagai daerah sudah sempat sangat jatuh, belum lagi...
Dok. Pribadi

Inovasi Desain Interior Beri Kesan Mendalam Pada Suatu Bangunan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:40 WIB
Inovasi desain interior sebuah Rumah Sakit harus memperhatikan kepentingan nyawa seseorang, tidak bisa dibuat sembarangan terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya