Jumat 29 Oktober 2021, 12:22 WIB

Ini Pentingnya Budaya Perusahaan dan Langkah-langkah Membangunnya

Sofia  | Ekonomi
Ini Pentingnya Budaya Perusahaan dan Langkah-langkah Membangunnya

Unsplash
Ilustrasi

 

BUDAYA perusahaan adalah keyakinan, nilai, kepercayaan, dan norma bersama yang menjadi ciri perusahaan dan diikuti oleh anggota perusahaan. 

Budaya memberikan kerangka acuan umum bagi anggota perusahaan yang dapat digunakan untuk menafsirkan peristiwa dan fakta di lingkungan perusahaan.

Baca juga: Bergaji Tinggi, Ini Tugas Branch Manager

Budaya perusahaan memberikan kepribadian perusahaan yang mendefinisikan lingkungan di mana karyawan bekerja. Secara umum, budaya perusahaan akan dipengaruhi oleh berbagai elemen. Beberapa elemen budaya perusahaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Visi

Visi adalah elemen budaya perusahaan yang paling sederhana namun bersifat mendasar sebab semua budaya perusahaan akan dimulai dengan visi. Visi perusahaan ini akan menentukan tujuan seperti apa yang akan dicapai oleh suatu perusahaan secara umum. 

2. Nilai perusahaan

Jika visi perusahaan berperan untuk mengarahkan tujuan perusahaan, maka nilai perusahaan akan memberikan pedoman terhadap perilaku dan pola pikir yang dibutuhkan untuk mewujudkan visi tersebut. 

3. Praktik

Budaya perusahaan tidak dapat terbentuk hanya dengan menentukan nilai yang diusung. Budaya perusahaan dibentuk dengan adanya implementasi nilai-nilai tersebut dalam berbagai lini di perusahaan itu sendiri secara praktikal.

4. Orang

Budaya perusahaan dapat dibentuk bila ada orang-orang yang berbagi nilai serta memiliki kemauan dan kemampuan untuk merangkul ide tersebut. Itu sebabnya, budaya perusahaan yang baik membutuhkan strategi perekrutan yang tepat untuk mengisi sumber daya manusianya secara koheren dengan budaya perusahaan itu sendiri.

5. Tempat kerja

Tempat kerja juga menentukan budaya perusahaan. Hal ini dapat dicontohkan pada tempat kerja yang mengusung konsep terbuka tentu akan kondusif untuk perusahaan yang mengusung budaya kerja kolaboratif antar karyawannya. Dan sebaliknya, jika tempat kerja mengusung tema kantor dan sekat-sekat antar divisi maka budaya perusahaan yang dianut lebih formal dan sektoral.

Berikut ini ada 3 langkah untuk membangun perusahaan :

1. Tentukan nilai perusahaan sedini mungkin 

Untuk dapat membangun budaya perusahaan yang baik,  kamu harus menentukan nilai dasar seperti apa sebetulnya yang ingin kamu bawa. Hal ini harus kamu lakukan terutama bila baru merintis perusahaan. Dengan menentukan nilai perusahaan sedini mungkin, perusahaan dan karyawan yang ada di dalamnya tahu arah dan tujuan seperti apa yang mereka capai bersama.

Beberapa contoh nilai yang dapat berkontribusi pada budaya perusahaan yang baik seperti, kolaborasi, keragaman, inovasi, agility, fokus pada pelanggan, integritas, dan mementingkan penghargaan pada karyawan. 

2. Dorong sikap positif dalam lingkungan kerja 

Untuk membangun budaya perusahaan yang baik, pengusaha harus memulainya dengan mendorong perilaku positif di tempat kerja setiap hari. Mulai dari cara sederhana seperti menunjukkan keramahan, tersenyum, menunjukkan rasa terima kasih, hingga menerapkan komunikasi positif sebagai dasar membangun hubungan antar karyawan. 

3. Jadilah pendengar yang baik 

Salah satu cara yang dapat dilakukan pengusaha untuk membangun budaya perusahaan yang positif adalah dengan menjadi pendengar yang baik bagi karyawan. Terbukalah pada kritik dan saran dari karyawan. Gunakan feedback tersebut untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri. Doronglah karyawan untuk berani mengeluarkan aspirasi dan ide-ide baru bagi perusahaan. 

Cara ini tidak hanya membuat mereka merasa dihargai tapi juga secara tidak langsung mendorong karyawan dan perusahan tumbuh bersama. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Dhemas Reviyanto

Holding dan Dua Subholding di Bawah PLN Ditargetkan Rampung pada 2025

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:33 WIB
"Kita akan tuntaskan ini di tahun ini. Enam bulan sebelum akhir tahun kita akan ada virtual holding seperti yang kita lakukan di...
Antara

Langkah Erick Bersih-bersih Demi Peningkatan Kinerja BUMN

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:19 WIB
Menurut Ade, langkah Erick tersebut sudah tepat dalam rangka bersih-bersih dan meningkatkan kinerja...
Dok MI

UMKM Sektor yang Paling Adaptif di Masa Pandemi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:18 WIB
guna memantapkan kondisi UMKM di Indonesia, Kemenkop UKM telah menyusun empat fondasi utama untuk menopang ekosistem usaha bagi UMKM dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya