Kamis 28 Oktober 2021, 13:51 WIB

Belanda Jajaki Sumut Investasi Pertanian dan Perkebunan

Yoseph Pencawan | Ekonomi
Belanda Jajaki Sumut Investasi Pertanian dan Perkebunan

DOK Humas Karantina Pertanian Belawan.
Perkebunan teh Bah Butong di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara.

 

PEMERINTAH Kerajaan Belanda memetakan lebih dalam kondisi kekinian sektor pertanian dan perkebunan Provinsi Sumatra Utara sebelum mengarahkan pengusahanya berinvestasi. Saat ini Pemprov Sumut dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda sedang melakukan pembahasan peluang kerja sama di sektor pertanian dan perkebunan.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) mengungkapkan pertanian dan perkebunan selama ini memang menjadi mata pencarian terbesar sebagian masyarakat. "Bahkan untuk perkebunan, Sumut merupakan penghasil kelapa sawit dan CPO terbesar kedua nasional setelah Kalimantan," kata Ijeck, Kamis (28/10).

Sumut pun sangat memerhatikan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Berbagai perusahaan sawit juga sudah mengantongi sertifikasi itu.

Tidak hanya sawit, provinsinya juga menjadi sentra komoditas perkebunan lain seperti kopi, cokelat, dan teh. Begitu juga beragam komoditas hortikultura dari sektor perkebunan. Bahkan kini tengah dikembangkan kawasan lumbung pangan (food estate) di beberapa daerah dengan Humbang Hasundutan sebagai percontohan.

Karena itu Ijeck yakin Belanda akan tertarik dan mengarahkan para investornya menanam modal di Sumut. Kerja sama dengan Belanda pun dia nilai akan sangat bermanfaat bagi provinsinya, terutama terkait potensi pasar dan edukasi yang dapat diberikan kepada petani. 

Baca juga: Menkop dan UKM Dorong Pelaku UMKM Bertransformasi Digital

Terlebih lagi selama ini petani Sumut kurang memiliki kemampuan dalam mengontrol pasar, khususnya ketika sedang masa panen. Kerja sama dengan Belanda juga diyakininya menjadi peluang lain dari UMKM Sumut merambah pasar dunia. (OL-14)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Pamerkan Produk Pertanian Nusantara di Acara ODICOFF

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:33 WIB
Kopi khas Indonesia yaitu Kopi Gayo, Kopi Lintong, Kopi Mandailing, Kopi Jawa, Kopi Luwak, Kopi Kintamani Bali, Kopi Toraja, dan Kopi...
DOK KEMENPERIN

Kemenperin Usung Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:22 WIB
Dirjen KPAII menjelaskan, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat tujuh sektor industri yang mendapat prioritas...
DOK Sinar Mas Land.

Green Office Park 1 Menjadi Tuan Rumah GBC Ideas 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:40 WIB
GBC Ideas merupakan kegiatan tahunan yang diadakan GBC Indonesia untuk kompetisi inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya