Senin 25 Oktober 2021, 10:00 WIB

Menaker Luncurkan Beasiswa Pelatihan Talenta Santri

mediaindonesia.com | Ekonomi
Menaker Luncurkan Beasiswa Pelatihan Talenta Santri

DOK KEMENAKER

 

PADA puncak perayaan Hari Santri tahun ini, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meluncurkan program beasiswa 1.000 talenta santri. Program pelatihan kompetensi untuk para santri itu dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pe-ngurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

Adapun tujuan dari program itu untuk memberi pelatihan bagi talenta muda santri di seluruh Indonesia. 

Menaker Ida Fauziah mengatakan, dalam rangka menyambut Hari Santri 2021, ia mengajak para santri di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi dan daya saing. 

Ia menambahkan, perubahan zaman yang berkembang sangat cepat dan dinamis harus disambut dengan peningkataan talenta. Apalagi, tantangan masa depan semakin kompleks akibat revolusi industri dan bonus demografi.

“Saya meluncurkan sebuah gerakan perubahan untuk para talenta santri, melalui Program 1.000 Talenta Santri, yaitu beasiswa pelatihan berbasis kompetensi untuk para santri di seluruh Indonesia,” ujar Menaker saat peluncuran beasiswa secara virtual di Jakarta, kemarin.

Dengan program itu, Ida berharap akan lahir para santri yang kreatif, inovatif dan bisa beradaptasi dengan cepatnya perkembangan zaman.

Acara peluncuran program ini dihadiri oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, Ketua RMI KH Abdul Ghoffar Rozin, dan para kiai serta pengurus PBNU. Acara juga diikuti secara virtual oleh para kiai, para habaib, pengasuh pesantren, dan para santri di seluruh Indonesia.

Program pelatihan yang akan diberikan oleh Kemnaker di antaranya tentang digital marketing, video editing, fotografi, desain produk, dan virtual event organizing. 

Untuk pilihan lokasi yang akan dijadikan tempat pelatihan adalah Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Kemnaker yang ada di berbagai lokasi di Indonesia. Setidaknya ada 17 BLK yang telah dipilih oleh Kemnaker. 

BBPLK dan BLK yang terpilih itu yakni BLK Aceh, BBPLK Medan, BLK Padang, BBPLK Serang, BBPLK, Bekasi, BBPLK Bandung, BLK Lembang, BBPLK Semarang, BLK Surakarta, BLK Sidoarjo, BLK Banyuwangi, BLK Lombok Timur, BLK Bantaeng, BLK Pangkep, BLK Belitung, BLK Samarinda dan BLK Makassar. (RO/S2-25)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Ini Potret Kinerja Subholding Upstream Pertamina 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 09:46 WIB
Untuk kinerja produksi gas domestik mencapai 2.290 juta kaki kubik gas per hari atau 100% dari target RKAP...
AFP

Wall Street Melemah Setelah Bergerak Liar

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 07:50 WIB
BURSA Amerika Serikat, Wall Street bergerak liar dan melemah pada penutupan Kamis atau Jumat pagi WIB (27/1), dengan Indeks S&P 500...
dok.Ant

Harga Minyak Turun Dipicu Ketegangan Rusia dan Pengetatan Fed

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 06:10 WIB
HARGA minyak jatuh pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB (28/1), setelah minyak mentah Brent mencapai level tertinggi tujuh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya