Kamis 21 Oktober 2021, 14:14 WIB

Presiden RI Pegang Teguh Komitmen Tinggalkan Energi Fosil

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Presiden RI Pegang Teguh Komitmen Tinggalkan Energi Fosil

ANTARA/ Achmad Subaidi
Ilustrasi

 

Presiden RI Joko Widodo menegaskan memegang teguh komitmen untuk meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan.

Penegasan itu disampaikan Presiden dalam sambutannya saat meresmikan pabrik biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis.

"Hadirin, terakhir, sekali lagi saya menegaskan memegang teguh komitmen meninggalkan energi fosil dan beralih ke energi baru terbarukan," ujar Presiden sebagaimana disaksikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Kamis.

Presiden mendorong produksi biodiesel terus ditingkatkan. Pada tahun 2021 Presiden menargetkan Indonesia mampu memproduksi dan menyalurkan 9,2 juta kiloliter. "Dan saya minta nanti ini tahun depan juga bisa meningkat lebih tinggi lagi," ujar Presiden.

Presiden Jokowi engapresiasi PT Jhonlin Group yang telah membangun pabrik biodiesel dalam rangka industrialisasi CPO ke biodiesel, sehingga dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar dan menciptakan produk-produk turunan dari CPO.

"Kita berharap juga nanti ada perusahaan-perusahaan lain yang mulai menghilirisasikan, mengindustrialisasikan CPO-nya baik menjadi minyak goreng, baik jadi kosmetik atau menjadi barang setengah jadi atau barang jadi lainnya," ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peresmian kali ini adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar.  (Ant/OL-12)

Baca Juga

Dok. Biro Pers Setpres

Bertemu Menlu Serbia, Jokowi Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 23 Mei 2022, 17:24 WIB
Salah satu bentuk kerja sama yang dibahas adalah komitmen Serbia untuk mengekspor gandum ke Indonesia dalam jumlah lebih...
Antara

Presiden Jokowi: Sumber Pertumbuhan baru Harus Diperkuat

👤Mediaindonesia 🕔Senin 23 Mei 2022, 17:09 WIB
Jokowi mencontohkan kegiatan perdagangan yang dioptimalkan dengan digitalisasi dapat memangkas biaya perdagangan di kawasan hingga 13...
MI/Belvania Sianturi

Pengamat: Larangan Ekspor Dicabut, Petani Bernafas Lega

👤Mediaindonesia 🕔Senin 23 Mei 2022, 16:58 WIB
Menurutnya pencabutan larangan tersebut akan menguntungkan petani sawit dan usaha kecil menengah di sektor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya