Kamis 21 Oktober 2021, 13:55 WIB

Bahlil: Jabar Berkontribusi Rp72,5 Triliun dalam Realisasi Investasi Nasional

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Bahlil: Jabar Berkontribusi Rp72,5 Triliun dalam Realisasi Investasi Nasional

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

 

MENTERI Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa Jawa Barat telah berkontribusi sebesar Rp72,5 triliun atau 16,4% dari total realisasi investasi nasional sepanjang semester I 2021 yang mencapai Rp442,8 triliun.

"Ini menunjukkan minat investasi dari dalam dan luar negeri kepada Jawa Barat sangat besar," ungkapnya dalam acara West Java Investment Summit 2021 secara daring, Kamis (21/10).

Secara rinci, capaian tersebut terdiri dari PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) sebanyak Rp28,2 triliun dan PMA (Penanaman Modal Asing) yang tercatat sebesar US$ 3 miliar.

Menurut Bahlil, kecenderungan para investor untuk berinvestasi di Jawa Barat diakibatkan oleh infrastruktur yang baik, penataan internal, pelayanan, produktivitas tenaga kerja dan masih banyak lainnya.

"Itu menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan dengan yang lain, sekalipun di Jawa barat itu biayanya lebih besar daripada di beberapa provinsi seperti Jawa tengah atau di Jawa Timur," kata Bahlil.

Bahlil pun mengajak para investor baik dari dalam maupun luar negeri untul menanamkan modal di Jawa barat sebagai salah satu alternatif terbaik dari sekian banyak provinsi.

Menurutnya, dengan investasi Indonesia mampu meningkatkan perekonomian, menciptakan lapangan pekerjaan, menciptakan nilai tambah dan melahirkan impor. (Des/OL-09)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Tutup Sementara, Revitalisasi Halim Perdanakusuma Dimulai Hari Ini

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 26 Januari 2022, 06:00 WIB
Revitalisasi Bandara Halim dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat dan udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan,...
Dok. Kementerian ESDM

Kementerian ESDM Uji Coba Bensa, Bensin yang Mengandung Minyak Sawit 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Bensa berkualitas tinggi ini akan menjadi parameter untuk penyusunan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) untuk...
Dok. Yupi

Ada Hoaks Soal Produknya, Yupi Tegaskan Permen yang Diproduksinya Telah Kantongi Sertifikat Halal 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:58 WIB
Direktur Marketing & Sales Yupi Juliwati Husman menegaskan, pihaknya sudah mengantongi sertifikasi halal untuk seluruh proses produksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya