Senin 18 Oktober 2021, 17:32 WIB

Porsche dan Michelin Bersama Berkomitmen Bantu Petani Karet Indonesia

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Porsche dan Michelin Bersama Berkomitmen Bantu Petani Karet Indonesia

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Ilustrasi

 

Porsche dan Michelin secara bersamaan akan terus berkomitmen pada ekstraksi keberlanjutan karet alam agar terus mendapatkan hasil yang terbaik sekaligus mendukung para petani karet Indonesia.

Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG, Barbara Frenkel mengatakan bahwa pihaknya mengambil pendekatan holistik yang keberlanjutan.

"Rantai pasokan kami dan ekstraksi bahan baku merupakan faktor penting di sini. Kami bertanggung jawab atas dampak terhadap daerah ekstraksi karet di Indonesia. Kami ingin meningkatkan kehidupan masyarakat melalui proyek-proyek yang dilakukan di wilayah tersebut," kata Barbara Frenkel dalam keterangan resminya, Senin (18/10).

"Petani kecil merupakan jantung dari rantai pasokan karet alam yang berkelanjutan. Itu sebabnya kami mendukung mereka untuk mencapai standar hidup yang layak sambil mengikuti praktik lingkungan dan sosial yang baik," tambah dia.

Komitmen ini juga sejalan dengan transparansi dan kondisi kerja yang jauh lebih baik dalam hal ekstraksi bahan baku yang ditunjukkan oleh proyek "CASCADE" (Tindakan Berkomitmen untuk Pengembangan Kapasitas Petani Kecil).

"CASCADE adalah contoh komitmen Michelin terhadap rantai pasokan karet alam berkelanjutan yang melindungi lingkungan dan meningkatkan mata pencaharian. Kami senang bisa bekerja sama dengan Porsche dalam proyek ambisius ini. Selama hampir 20 tahun, kami menikmati kemitraan yang erat dalam bisnis ban, yang kini juga kami kembangkan ke bidang keberlanjutan," kata Senior Vice President, Chief Procurement Officer di Michelin, Hélène Paul.

Dalam hal ini, kedua perusahaan itu sangat mendukung petani perkebunan kecil di Sumatra di Indonesia, dalam mengekstraksi karet.

Pendidikan dan pelatihan tentang praktik budidaya, keanekaragaman hayati dan keselamatan kerja yang diberikan juga semuanya bertujuan untuk mencapai perbaikan jangka panjang dalam kondisi kehidupan dan situasi ekonomi petani kecil.

Untuk mempercanggih, Porsche dan Michelin mengidentifikasi risiko terhadap keberlanjutan rantai pasokan dalam ekstraksi karet menggunakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk tujuan ini dan dengan melakukan diskusi dengan pelaku pasar di wilayah tersebut.

Karet digunakan dalam banyak produk industri sebagai bahan baku. Sebagai produsen otomotif, Porsche juga berkontribusi terhadap konsumsi karet global melalui penggunaan karet pada ban serta berbagai suku cadang kendaraan.

Sebagai informasi tambahan, CASCADE adalah salah satu proyek dukungan pertama di dunia yang dimulai pada tingkat terendah dari rantai pasokan karet alam. Skema ini akan melihat 1.000 petani kecil dilatih oleh mitra lokal untuk membuat metode ekstraksi lebih ramah lingkungan dan efisien.

Hal ini memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perbaikan kondisi kehidupan petani kecil dan keluarga mereka secara jangka panjang. Porsche dan Michelin menginvestasikan sekitar satu juta Euro dalam proyek tersebut, yang awalnya akan berjalan hingga 2024. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara/Jojon

Perkembangan Transaksi E-Commerce Belum Selaras dengan Penurunan Biaya Logistik 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:31 WIB
Para pelanggan kerap mengeluhkan besarnya biaya pengiriman saat melakukan transaksi daring...
Antara/Aprilio Akbar

BUMN Didorong Kuasai dan Kelola Aset 

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:06 WIB
“Aset BUMN yang terkelola dengan baik akan menjadi bernilai efektif dan efisien sehingga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan...
Antara/Reno Esnir

Ada-Ada Saja Minta Menkeu Dipecat, Ini Penjelasan Sri Mulyani Soal Absen Rapat dan Anggaran bagi Pimpinan MPR

👤M Ilham Ramadhan 🕔Rabu 01 Desember 2021, 20:00 WIB
Anggaran untuk pimpinan MPR dan kegiatan tetap didukung sesuai mekanisme...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya