Senin 18 Oktober 2021, 12:35 WIB

PLN : 100% Siap Listriki Ajang World Superbike di Mandalika

 Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PLN : 100% Siap Listriki Ajang World Superbike di Mandalika

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Pekerja memasang bangunan "modular pit building" Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

 

PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) memastikan melalui Unit Induk Nusa Tenggara Barat berhasil menuntaskan persiapan kelistrikan yang akan menyuplai Jalan Kawasan Khusus The Mandalika atau Mandalika International Street Circuit (MISC). Hal ini guna mendukung ajang internasional World Superbike (WSBK) bulan depan.

PLN menyatakan telah berhasil melakukan serangkaian commissioning test yang telah dilakukan sejak awal September 2021.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Syamsul Huda menjelaskan commissioning test ini merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian persiapan PLN melistriki MISC.

Tahapan ini wajib dilakukan untuk menguji seluruh aspek dari komponen atau peralatan yang terbangun, yakni ketahanan, fungsi peralatan, dan lainnya.

“Hasil pengujiannya, peralatan PLN yang telah terpasang layak untuk dioperasikan. Artinya, PLN sudah 100% siap untuk melistriki gelaran internasional World Superbike (WSBK) pada November mendatang,” ujar Huda dalam keterangan resminya, Senin (18/10).

Dari sisi kecukupan daya, sistem kelistrikan Lombok, yang akan menyuplai MISC, dikatakan dalam kondisi aman. Rata-rata beban puncak adalah 270 MW dan daya mampu yang tersedia adalah 376,8 MW.

“Masih ada cadangan daya 106 MW. Sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di NTB. Tidak hanya untuk WSBK, namun kami juga siap untuk seluruh infrastruktur pendukungnya," tambah Huda.

Khusus untuk WSBK 2021 dan MotoGP yang akan dihelat pada 2022, PLN juga mempersiapkan skenario Zero Down Time, yakni sistem suplai listrik berlapis, sehingga listrik di kawasan Mandalika andal dan berkualitas dan tidak mengalami gangguan, walaupun hanya sesaat.

MISC merupakan pelanggan PLN yang dilayani dengan daya 5,19 MVA dan akan disuplai dari 3 jalur utama listrik sehingga semakin andal.

Selain tiga jalur kelistrikan yang saat ini sudah siap beroperasi, PLN akan menyiapkan perangkat berupa uninterruptible power supply yang saat ini masih dalam proses untuk mewujudkan zero down time. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Dok Kemenparekraf

Sertifikasi CHSE di Lokasi Wisata Kini Dilengkapi SNI

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:00 WIB
Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Skema Akreditasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety & Environment Sustainability) untuk sektor...
Dok. Pribadi

Basuki Tjahaja Purnama Dinilai Cocok Pimpin Badan Pangan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:51 WIB
BTP memiliki kapasitas dan kepemimpinan yang kuat serta komitmen politik dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kemandirian pangan di...
Dok Dwija Karya

Menangkap Potensi Besar Pasar Hunian di Tigaraksa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:25 WIB
Proyek yang berada di bibir Jl Raya Tigaraksa dan memiliki luas lahan 5 hektare itu bernama Grand Almas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya