Senin 18 Oktober 2021, 11:52 WIB

1500 UMKM di Banten Tergabung dalam Kelompok Binaan Airlangga Hartarto

RO/Micom | Ekonomi
1500 UMKM di Banten Tergabung dalam Kelompok Binaan Airlangga Hartarto

dok pribadi
.

 

BERMUNCULANNYA spanduk bergambar Airlangga Hartarto di warung-warung ternyata adalah salah satu program dari UMKM usAHA, sebuah kelompok pemberdayaan masyarakat yang dibina Airlangga Hartarto dan fokus kegiatannya pada pelatihan UMKM.

Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang Hellen Noya mengakui status Airlangga sebagai pembina di UMKM usAHA.  

"Jadi, kenapa ada wajahnya Pak Airlangga di spanduk ini, karena beliau  adalah pembina dari UMKM usAHA. Ini merupakan inisiatif kami, karena beliau memiliki kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya dengan membina UMKM yang bisa mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia. Apalagi ekonomi Indonesia kan lagi terdampak pandemi," jelas Hellen kepada wartawan di Tangerang, Minggu (17/10).

Perempuan berusia 21 tahun ini mengatakan, UMKM usAHA ini bukanlah program pemerintah atau bagian dari kegiatan kampanye partai. Menurutnya UMKM usAHA adalah kelompok atau komunitas yang dibentuk untuk pemberdayaan UMKM.

Helen mengatakan,  saat ini ada 520 UMKM yang telah mengikuti pelatihan dan bergabung dalam komunitas UMKM usAHA di Kota Tangerang. Sementara untuk wilayah Banten totalnya ada 1506 UMKM, yang tersebar di Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Selain melakukan pelatihan wirausaha dan membentuk komunitas, UMKM usAHA juga telah merencanakan beberapa program lain.
 
"Ke depan kita ada beberapa program lain seperti usAHA bantu usaha, itu upaya membantu pelaku usaha super mikro yang benar-benar membutuhkan untuk menjalankan usaha.  Misalnya ada yang gerobaknya rusak sehingga tidak bisa jualan, itu kita bantu secara swadaya.  Program ini baru akan jalan bulan ini, kemarin sih ujicoba nya di Solo udah berjalan, " terang Helen. (J-1)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PStore Komit Penuhi Kepuasan Konsumen

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 00:30 WIB
KENYAMANAN konsumen menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi setiap perusahaan untuk bisa tetap bertahan dalam...
DOK Pribadi.

Merek Lokal Queensland Luncurkan Koleksi Terbaru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:09 WIB
Koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan tersedia pada online store yang...
Dok. Nippon Paint

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:10 WIB
akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya