Sabtu 16 Oktober 2021, 23:03 WIB

Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

Dok Kementeriqn Luar Negeri
Menlu Retno Marsudi

 

FORUM Bisnis Indonesia, Amerika Latin, dan Karibia (INA-LAC) 2021 menghasilkan transaksi bisnis senilai US$87,96 juta atau Rp1,23 triliun. Dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dijelaskan, besaran itu terdiri dari transaksi dagang yang telah disepakati sebesar US$19,08 juta atau Rp268 miliar dan komitmen dagang US$68,88 juta atau senilai Rp969 miliar. 


Di samping itu, telah terselenggara 37 pertemuan bisnis yang difasilitasi melalui platform  digital INA-ACCESS.

INA-LAC Business Forum 2021 juga mewujudkan penandatanganan kesepakatan dan kerja sama ekonomi. Di antara lain Kerja Sama Produk Halal antara Indonesia dan Argentina. Lalu, MoU antara BPOM dan ISP Chile. MoU Kerja Sama Pertanian antara Indonesia dan Chile, Peluncuran Prangko Bersama dalam Rangka Peringatan 65 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Argentina dan Pernyataan Kehendak (LoI) Jejaring Bisnis antara Indonesia dengan Amerika Latin dan Karibia.


Saat ini, LoI telah ditandatangani oleh 6 asosiasi pengusaha dari kawasan Amerika Latin dan Karibia (Amlatkar).

Dalam forum itu, salah satu isu utama yang dibahas adalah kenaikan biaya logistik yang dinilai sangat tinggi akibat pandemi yang memerlukan penanganan guna pemulihan perdagangan internasional dan pemulihan ekonomi. "Transformasi digital juga menjadi prioritas dan sektor potensial kerja sama. Berbagai kerja sama untuk memfasilitasi kerja sama digital, merupakan salah satu sektor potensial untuk dikembangkan," sebut Kemlu.

Dengan total populasi sebanyak 652,3 juta dan PDB sebesar US$ 4.84 triliun pada 2020, negara-negara di kawasan Amlatkar dinilai memiliki potensi besar untuk menjadi mitra perdagangan strategis bagi Indonesia.

Dalam Ina-Lac 2021, dilaporkan telah diluncurkan platform digital promosi ekspor dan investasi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang tujuan pokoknya adalah menjembatani interaqksi dan komunikasi melalui pameran permanen secara virtual menampilkan lebihd ari 400 produk ekspor unggulan yang ditampilkan 800 exhibitors dan 50% adalah UMKM. (OL-8)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Pamerkan Produk Pertanian Nusantara di Acara ODICOFF

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:33 WIB
Kopi khas Indonesia yaitu Kopi Gayo, Kopi Lintong, Kopi Mandailing, Kopi Jawa, Kopi Luwak, Kopi Kintamani Bali, Kopi Toraja, dan Kopi...
DOK KEMENPERIN

Kemenperin Usung Eksistensi Making Indonesia 4.0 di ITAP 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 10:22 WIB
Dirjen KPAII menjelaskan, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat tujuh sektor industri yang mendapat prioritas...
DOK Sinar Mas Land.

Green Office Park 1 Menjadi Tuan Rumah GBC Ideas 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:40 WIB
GBC Ideas merupakan kegiatan tahunan yang diadakan GBC Indonesia untuk kompetisi inovasi dan terobosan baru dalam pembangunan green...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya