Sabtu 16 Oktober 2021, 21:31 WIB

PLN Pastikan Jaringan Listrik ke Bali Tak Ada Kendala

Ant | Ekonomi
PLN Pastikan Jaringan Listrik  ke Bali Tak Ada Kendala

Dok MI
Ilustrasi

 

PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) memastikan jaringan listrik ke Bali tidak terkendala lagi, usai rampungnya perbaikan pada IBT #1 di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Paiton.

"Tepat pada 14 September lalu kami memulai pekerjaan penggantian IBT #1 Paiton untuk menjaga keandalan suplai listrik ke Bali. IBT ini menyuplai energi listrik sebesar 272 MW yang disalurkan ke GI Situbondo menuju GI Banyuwangi dan kemudian diteruskan ke Bali dengan daya sebesar 225,3 MW," ujar General Manager PLN UIT JBM, Suroso, dalam siaran persnya di Surabaya, Sabtu (16/10).

Ia menegaskan, setelah menyelesaikan extension IBT #3 Grati, PLN UIT JBM melakukan penggantian serta pemberian tegangan (energize) pada IBT #1. Saat ini, lanjut dia, jaringan ke Bali memiliki tegangan 500/150 KV dengan kapasitas daya 500 MVA, dengan pekerjaan penggantian IBT #1 Paiton ini berlangsung selama tiga pekan sejak pertengahan September lalu.

Selama penyelesaian pekerjaan, tambah dia, sebanyak 51 personel dikerahkan sehingga pekerjaan dapat terlaksana lebih cepat. Suroso memastikan operasional IBT #1 Paiton ini akan sangat membantu subsistem kelistrikan di Bali yang memiliki beban puncak sebesar 650 MW.

"Untuk menyalurkan ke Bali, kami menggunakan kabel bawah laut dari Cable Head (CH) Ketapang ke CH Gilimanuk yang bertegangan 150 KV," kata Suroso.

PLN, lanjut dia, akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, sehingga pekerjaan pemeliharaan wajib dilakukan pada semua infrastruktur kelistrikan agar tetap optimal dalam menjaga keandalan. (OL-8)

Baca Juga

Antara

OJK Siapkan Kebijakan Selamatkan Investor dari Emiten Zombie

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 09 Desember 2021, 17:49 WIB
Langkah yang dilakukan adalah mendorong perusahaan untuk membeli kembali sahamnya (buyback) hingga melalui jalur...
 ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Menkeu: Tema G20 Jangan Hanya Jadi Jargon Saja, Tapi Tanggung Jawab Bersama

👤 Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Desember 2021, 17:22 WIB
Forum G20 tidak hanya soal komunitas, tapi menurutnya yang paling penting adalah aksi kebijakan yang dapat membangun kepercayaan bagi...
Antara/Olha Mulalinda

Ada Peningkatan Permintaan saat Nataru, Ini Antisipasi Pertamina Patra Niaga

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 Desember 2021, 16:36 WIB
Per 7 Desember, ketahanan stok untuk seluruh produk bahan bakar minyak rata-rata berada di atas 19 hari, LPG di atas 14 hari, dan Avtur 35...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya