Selasa 12 Oktober 2021, 15:57 WIB

Airlangga dan Erick Thohir Kompak Sampaikan Manfaat Smelter Freeport

RO/Micom | Ekonomi
Airlangga dan Erick Thohir Kompak Sampaikan Manfaat Smelter Freeport

Dok Kemenko Perekonomian
.

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kompak menyampaikan potensi keuntungan yang akan diperoleh dari pembangunan Smelter Freeport Indonesia di Gresik Jawa Timur.

Baik Airlangga maupun Erick sama-sama mengatakan bahwa kehadiran Smelter Freeport di Gresik akan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 40 ribu orang.

“Nah, salah satu yang hadir hari ini tentunya tadi disampaikan, diharapkan bisa menambah 40 ribu tenaga kerja selama konstruksi,” kata Airlangga dalam sambutannya di acara Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia, KEK Gersik, Selasa (12/10).

Sementara itu, Erick mengatakan, serapan tenaga kerja tersebut diharapkan bisa memberdayakan banyak pekerja dari Jawa Timur sebagai lokasi Smelter.

“Rencana nanti selama konstruksi ini akan menyerap tenaga kerja 40 ribu dan tadi ibu Gubernur Jawa Timur menitipkan kalau bisa mayoritas pekerjanya dari Jawa Timur sehingga kepastian pembukaan lapangan kerja juga terjadi,” ujar Erick.

Selain penyerapan tenaga kerja, dua Menteri andalan Jokowi ini menyampaikan bahwa potensi keuntungan dari pembangunan Smelter Freeport ini akan mencapai lebih dari Rp76,7 triliun.  

“Kemudian dapat kami laporkan, tadi disampaikan oleh Pak Menteri BUMN, ini ada mengolah 1,7 juta ton konsentrat dan ini adalah single line terbesar di dunia dan produksinya 600 ribu koper, nilai koper sekarang lagi super cycle 9.400 dolar per ton. Jadi investasi yang 42 triliun atau 3,5 billion USD, revenue hanya dari copper saja pak, itu 5,4 billion, pak. Tentu ini bagi holding freeport revenuenya ada di situ, tapi (PT Smelting) cuma dikasih (talling) pak,” ujar Airlangga.

“Kemudian yang kedua tadi Pak Menteri BUMN menyebut yang didiorong hilirisasi tambahan, itu yang namanya precious meter recovery itu investasinya 200 USD, dari emasnya itu bisa 35 ton sampai dengan 54 ton. Jadi pra prabriknya sudah disiapkan di situ. Nah, harga emas sekarang 1700 per troy ons. Jadi produksinya 35 ton, itu nilainya 1,8 billion USD, kalau produksinya 50 itu sampai 2,7 billion USD. Jadi bayangkan selama 40 tahun yang 2 billion itu rata-rata dinikmati negara lain pak,” sambungnya.

Sementara untuk pertumbuhan pendapatan Freeport sendiri, Erick menyampaikan perusahaan yang 51% sahamnya dikuasai BUMN ini akan mengalami peningkatan 100% di tahun ini.

“Seperti yang kita saksikan bahwa pada saat ini sekarang pertumbuhan daripada pendapatan Freeport dibandingkan tahun kemarin dan tahun ini itu meningkat hampir 100 persen, yang tahun kemarin itu Rp50 triliun, tahun ini desember rencananya Rp105 triliun. lalu juga, keuntungan bersih yang tahun kemarin itu Rp10 triliun, direncanakan sampai desember ini Rp40 triliun, ujarnya.

Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik, Jawa Timur, Selasa siang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden nampak didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) tambang PT Freeport Indonesia, di Gresik, Jawa Timur hari ini, 12 Oktober 2021. Kehadiran smelter tersebut diyakini mampu menarik industri lain untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.
 
"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, hari ini saya nyatakan dimulai groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di kawasan KEK Gresik Provinsi Jawa Timur," ujar Jokowi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 12 Oktober 2021.
 
Jokowi menegaskan pemerintah berkomitmen menjaga iklim investasi semakin baik. Dukungan itu terwujud dalam sektor infrastruktur, kemudahan dan kepastian berusaha, ketersedian sumber daya manusia (SDM), dan lainnya.
 
"Pemerintah Kabupaten juga ikut mendukung agar KEK Gresik ini semakin maju dan Indonesia akan semakin diminati sebagai tujuan investasi," kata Kepala Negara. (J-1)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bahlil: Taiwan akan Investasi Kendaraan dan Skuter Listrik di Indonesia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:29 WIB
Bahlil Lahadalia menyatakan, produsen elektronik multinasional asal Taiwan, Foxconn, menaruh minat besar terhadap investasi industri...
Foto/kemendag.go.id

Indonesia dan Jepang Teken Lima MoU Senilai USD 1,61 Juta

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:22 WIB
Penandatanganan yang disaksikan secara daring oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, dilakukan pada gelaran Trade...
MI/Dwi Apriani

Sandiaga: Milenial Jadi Modal Utama Pengembangan Bisnis Digital

👤Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 10:09 WIB
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), 53% atau sekitar 143 juta masyarakat Indonesia terdiri dari generasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya