Jumat 01 Oktober 2021, 20:58 WIB

Inflasi Tahunan AS Naik ke 4,3% pada Agustus

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Inflasi Tahunan AS Naik ke 4,3% pada Agustus

AFP/Joe Raedle.
Seorang konsumen berbelanja di toko Costco di Miami, Florida.

 

INFLASI terus meningkat di Amerika Serikat pada Agustus. Pengeluaran dan pendapatan juga naik, menurut data pemerintah yang dirilis Jumat (1/10).

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi menurut Departemen Perdagangan naik 4,3% dari Agustus 2020. Ini karena ekonomi terbesar di dunia itu berjuang dengan penundaan dan kekurangan pasokan di tengah bangkitnya kembali dari penutupan bisnis pandemi.

Pendapatan naik 0,2% pada bulan itu, sejalan dengan perkiraan analis, dan pengeluaran naik sedikit di atas ekspektasi di 0,8%. Kenaikan pendapatan disebabkan baik kenaikan upah maupun kebijakan pemerintah seperti pembayaran kredit pajak di muka untuk keluarga, meskipun diimbangi oleh penurunan tunjangan pengangguran pandemi bulan itu, kata Departemen Perdagangan.

Konsumen membagi kenaikan belanja senilai US$130,5 miliar hampir merata antara barang dan jasa. Di antara yang pertama, lebih banyak dihabiskan untuk makanan dan minuman serta barang-barang rekreasi, tetapi lebih sedikit untuk kendaraan bermotor dan suku cadang karena mereka bergulat dengan kekurangan semikonduktor yang merusak produksi. Peningkatan layanan meluas, menurut laporan itu.

Kenaikan indeks harga terjadi di tengah kekhawatiran tentang inflasi di Amerika Serikat karena Kongres mempertimbangkan proposal pengeluaran besar-besaran Presiden Joe Biden dan Federal Reserve memberi sinyal akan segera mulai memotong kebijakan stimulus pandemi.

Baca juga: Energi Naikkan Inflasi Zona Euro Tertinggi dalam 13 Tahun

Inflasi tahunan itu 0,1% lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Jika sektor makanan dan energi yang bergejolak dikeluarkan, inflasi naik 3,6% dari Agustus 2020. Ini tingkat yang sama dengan dua bulan sebelumnya. Dibandingkan dengan Juli, harga naik 0,4% alias tidak berubah. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PStore Komit Penuhi Kepuasan Konsumen

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 00:30 WIB
KENYAMANAN konsumen menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi setiap perusahaan untuk bisa tetap bertahan dalam...
DOK Pribadi.

Merek Lokal Queensland Luncurkan Koleksi Terbaru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:09 WIB
Koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan tersedia pada online store yang...
Dok. Nippon Paint

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:10 WIB
akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya