Rabu 22 September 2021, 10:55 WIB

Kabupaten Grobogan Siap Suplai Kebutuhan Jagung Bagi Peternak

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kabupaten Grobogan Siap Suplai Kebutuhan Jagung Bagi Peternak

Ist/Kementan
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Jateng, Sunanto, dan jajarannya meninjau panen raya jagung.

 

KEPALA Dinas Pertanian Grobogan, Sunanto, menegaskan bahwa wilayahnya siap mensuplai kebutuhan jagung bagi peternak ayam petelur maupun ayam layer.

Menurut Sunanto, pada bulan September dan Oktober 2021 ini produksi jagung di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) mencapai 170 ribu ton.

"Bulan September 2021 ini luas panen ada 26 ribu hektare dengan produksi 170 ribu ton. Kalau dikonversi dengan kadar air 15%-17% maka masih ada 120 ribu ton," ungkapnya.

Sunanto menambahkan bahwa pada bulan Oktober nanti, luas panen mencapai 11 ribu hektare dengan produksi jagung sebesar 70 ribu ton.

"Nanti di bulan Oktober ada 70 ribu ton jagung yang kalau di konversi dengan kadar air 15-17 persen yaitu 50 ribu ton", kata Sunanto , Rabu (22/9).

Petani jagung pada musim tanam kali ini menurutnya sedang menikmati hasil yang bagus.

"Harga bagus di tingkat petani ini adalah perwujudan program pemulihan ekonomi nasional," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Serelia Ditjen Tanaman Pangan Moh. Ismail Wahab menegaskan bahwa ada stok jagung hingga 2,3 juta ton di lapangan. Hal ini ditegaskan Direktur Serelia 

"Kementan melakukan update data stok jagung secara reguler setiap minggunya. Bahkan ada dua unit kerja yang secara aktif melakukan, yaitu Badan Ketahanan Pangan dan Pusat Data dan Informasi Pertanian," katanya.

Isu jagung ini menjadi ramai menurut Ismail karena ada kecenderungan pabrik pakan besar dan pengepul untuk menyimpan jagung dalam jumlah besar, mengingat adanya kekhawatiran suplai jagung untuk produksi pakan terganggu, dan kondisi harga jagung pasar dunia yang juga sedang tinggi.

“Masalahnya saat ini bukan produksi, namun distribusi jagung ke peternak yang terhambat. Kami punya data stok, silahkan tanya kami bila benar ingin menyelesaikan perkara jagung peternak mandiri,” pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP/Etienne Balmer.

Toyota akan Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di AS

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:47 WIB
Investasi sepanjang 10 tahun tersebut merupakan bagian dari proyek yang diumumkan bulan lalu oleh perusahaan Jepang untuk menggelontorkan...
Antara/Muhamamd Bagus Khorunnas

Budi Waseso: Bulog Berpotensi Merugi

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:24 WIB
Budi Waseso juga membeberkan gudang yang digunakan Bulog untuk menyimpan beras adalah gudang biasa pada umumnya, bukan khusus untuk...
Antara

Wisman ke Bali Harus Punya Asuransi Rp1 M, Ini Penjelasan Sandiaga

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 18 Oktober 2021, 20:23 WIB
"Nilai Rp1 miliar tersebut merupakan nilai tanggungan maksimal asuransi, bukan nilai premi yang dibayarkan wisman," jelas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya