Jumat 06 Agustus 2021, 21:16 WIB

AS Tambah Hampir Sejuta Pekerjaan di Juli, Pengangguran Turun ke 5,4%

Mediaindonesia.com | Ekonomi
AS Tambah Hampir Sejuta Pekerjaan di Juli, Pengangguran Turun ke 5,4%

AFP/Win Mcname.
Pekerja tengah mencuci bagian luar Gedung Putih di Washington, DC.

 

PEMULIHAN ekonomi AS menunjukkan penambahan 943.000 pekerjaan baru pada Juli, menurut data pemerintah yang dirilis Jumat (6/8). Ini karena industri yang terpukul keras terus kembali berjalan normal.

Hasil itu kurang sedikit dari sejuta pekerjaan yang diharapkan beberapa ekonom. Akan tetapi penambahan itu cukup untuk mendorong tingkat pengangguran turun setengah poin menjadi 5,4%. Demikian laporan Departemen Tenaga Kerja.

Dengan vaksinasi yang meluas yang memungkinkan aktivitas ekonomi kembali normal, perekrutan mulai meningkat. Namun ekonomi masih kekurangan 5,7 juta pekerjaan dari tingkat prapandemi.

Selain itu, kenaikan pekerjaan pada Juni direvisi lebih tinggi dari laporan asli. Ini untuk menunjukkan kenaikan 938.000 posisi non-farm payroll.

Perekrutan pekerja pada Juli datang dari sektor rekreasi dan perhotelan yang meningkat 380.000 serta pendidikan publik yang naik 220.000, kata laporan itu.

Untuk pekerja kulit hitam, tingkat pengangguran turun satu poin penuh dari bulan sebelumnya menjadi 8,2%. Ini terjadi di tengah penurunan yang mengkhawatirkan dalam partisipasi angkatan kerja.

Tanda lain pasar tenaga kerja belum sepenuhnya pulih, ada 4,5 juta orang yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh waktu, kata laporan itu.

Hanya ada 11.000 posisi yang ditambahkan dalam konstruksi dan 27.000 di manufaktur. Penghasilan rata-rata per jam secara nasional melonjak 11 sen menjadi US$30,54, kata laporan itu. (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Kolaborasi Tingkatkan Akses Masyarakat dalam Berinvestasi Global

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 23:05 WIB
Dana investasi ini juga diinvestasikan secara global di saham-saham perusahaan inovatif (megatrend) yang merupakan perusahaan global dan...
Dok Aksrindo

KUR dan Kredit Pemulihan Ekonomi Naik Drastis, Askrindo Tumbuh Melesat

👤Iis Zatnika 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:09 WIB
Tanggung jawab perusahaan meliputi aspek sosial, ekonomi dan...
DOK OJK

OJK dan IJK Serahkan Donasi Bencana Erupsi Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Desember 2021, 20:50 WIB
Program 'OJK dan IJK Peduli Bencana' akan terus dibuka dan dikoordinir oleh OJK untuk mengumpulkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya