Senin 02 Agustus 2021, 21:14 WIB

Erick Thohir: Pandemi Sebabkan Harga Timah Dunia Membaik

Rendy Ferdiansyah | Ekonomi
Erick Thohir: Pandemi Sebabkan Harga Timah Dunia Membaik

MI/Rendy Ferdiansyah
Pandemi Covid-19 menyebabkan stok timah berkurang dan mendongkrak harga timah dunia.

 

MENTERI BUMN Erick Thohir mengakui pandemi covid-19 berdampak pada berkurangan stok timah, sehingga berdampak pada membaiknya harga timah dunia.

Hal tersebut disampaikanya dalam pesan HUT PT.Timah Tbk yang ke-45 tahun. Senin (2/8). "Peluang ini harus diMaksimalkan PT. Timah untuk memperbaiki kinerja," kata Menteri Erick.

"PT Timah harus terus mempraktikkan good minning practices yang berprinsip efektif cost friendly minning methode dalam proses penambangan," ujarnya.

Dalam perjalanan sejarahnya, PT Timah Tbk telah membuktikan diri mampu bertahan dari berbagai cobaan, tantangan serta turbulensi bisnis. Bisnis pertambangan tak luput dari dampak pandemi Covid-19, tapi PT Timah Tbk tetap eksis dalam menjalankan roda usaha.

Ia mengingatkan, momentum HUT PT Timah Tbk yang ke 45 menjadi moment untuk menjawab tantangan yang ada di depan. "Selain bertransformasi untuk menjadi perusahaan yang inovatif dan ramah lingkungan, dalam eskploitasi timah di wilayah operasional PT Timah juga harus meningkatkan keberpihakan pada rakyat dan memperkuat kemitraan dengan penambang rakyat demi menjaga stabilitas ekonomi masyarakat di tengah pandemic Covid-19," pesannya

Sementara Grup CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak melaporkan, hingga pertengahan tahun 2021 ini PT Timah telah menunjukkan perbaikan."MIND sudah membuktikan semua perusahaan tambang bersatu, dengan bersatu kita bisa lakukan banyak hal besar, membuat hal besar. Ayo Timah yang pertengahan tahun ini bukunya tidak merah lagi. Saya berharap ini akan terus berlanjut, ini bisa terjadi kalau kita bersatu. Tetap jaya dan maju terus maju PT Timah," katanya.

Senada, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin menyampaikan timah merupakan sumber daya alam yang penting.

"Timah adalah sumberdaya alam yang penting, Bagi dunia timah salah satu penanda kemajuan perdaban, bagi Indonesia Timah adalah penghasil devisa penyumbang pembangunan yang sangat penting. Saya ucapkan selamat ke 45 PT Timah terus berjaya dan bekerja dan menjadi kembali no 1 di dunia, bersatu kita kuat," pesannya.

Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi menyampaikan, dengan kondisi kinerja perusahaan hingga Juni 2021 cukup positif, meskipun masih banyak hal yang terus dibenahi. Membaiknya kinerja perusahaan ini turut disokong dari membaiknya harga logam.

"Saat ini harga logam di LME berada di kisaran USD34.500/Mton. Kita berharap sampai akhir tahun, harga akan terus bertahan bahkan naik.  Namun sebagai bentuk antisipasi, kita asumsikan harga rata-rata tahun ini diangka USD 22.000/Mton. Dengan asumsi harga rata-rata tersebut, kita berpeluang mengakhiri kinerja tahun ini dengan keuntungan yang jauh lebih besar," katanya.

Perusahaan juga melakukan sejumlah strategi untuk terus meningkatkan performa perusahaan.

"Terkait kinerja Produksi Logam, Kita berharap, pembangunan ausmelt on progress sehingga ke depannya produksi logam akan lebih mudah. Saat ini pembangunan ausmelt sudah dalam tahap konstruksi atau 58% dari rencana. Insyaallah jika sesuai proyeksi, ausmelt akan mulai kita operasikan bulan Maret tahun depan," ujarnya. (OL-13).

 

Baca Juga

Ilustrasi

Solusi Cloud Permudah Pelaksanaan Bisnis di era Revolusi Industri 4.0

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 17:56 WIB
Cloud menjadi solusi dengan memberi berbagai keunggulan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas...
Antara/Moch Asim

Kesepakatan Bisnis Pembangunan Pabrik Baterai Listrik tidak Libatkan Konsultan Asing

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 17:28 WIB
Deal bisnis senilai US$9,8 miliar atau setara Rp142 triliun itu tanpa melibatkan konsultan asing. Itu dilakukan seutuhnya oleh putra putri...
Antara

BI: Kebutuhan Pembiayaan Rumah Tangga Meningkat

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 17 September 2021, 17:05 WIB
Pada Agustus 2021, bank umum masih menjadi preferensi sumber utama penambahan pembiayaan responden rumah tangga dengan pangsa sebesar...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya