Selasa 27 Juli 2021, 08:11 WIB

Bakal Mirip Kolaborasi di GoTo, Emtek Perkuat Kerjasama dengan Grab

M Ilham Ramadhan | Ekonomi
Bakal Mirip Kolaborasi di GoTo, Emtek Perkuat Kerjasama dengan Grab

Dok.Bukalapak
Ilustrasi kerja sama Bukalapak dan Grab

 

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group) bersama Grab, mengumumkan kemitraan strategis yang akan menggabungkan keunggulan dari dua ekosistem digital di Indonesia. Melalui kemitraan strategis tersebut, kedua perusahaan bertujuan mendukung perkembangan menuju Indonesia digital.

Langkah ini dinilai menjadi bagian dari Emtek mengembangkan ekosistem digital yang dimilikinya. Seperti diketahui, Emtek juga menggenggam saham Bukalapak yang merupakan unicorn Indonesia yang akan segera melantai. Emtek juga memiliki saham di OVO, dompet pembayaran yang diterima di Grab. 

Dari siaran pers yang diterima, Senin (26/7), ada dua tujuan utama yang ingin dicapai dalam kolaborasi tersebut. Pertama, mendorong percepatan digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia. Kedua, menghadirkan layanan digital yang lebih terjangkau dan menawarkan kenyamanan lebih bagi masyarakat Indonesia, bahkan di wilayah dengan tingkat digitalisasi yang masih rendah.

Kedua perusahaan akan menjajaki peluang kolaborasi terutama di sektor logistik dan e-commerce, juga layanan keuangan, telemedicine, periklanan dan media digital, serta produk digital untuk kios atau warung tradisional. Emtek Group telah menginvestasikan US$375 juta di PT. Grab Teknologi Indonesia. Sedangkan Grab juga telah merampungkan investasi ke Emtek Group.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto berharap kolaborasj antara Grab dan Emtek Group akan memberi dampak positif bagi pemulihan ekonomi dan pemerataan ekonomi digital di Indonesia.

"Semoga sinergi Grab dan Emtek Group dapat menjadikan Indonesia sebagai negara ekonomi digital minimal 5 besar dunia dengan merangkul UMKM secara inklusif, termasuk diantaranya menyediakan teknologi yang ramah terhadap setiap kalangan termasuk penyandang disabilitas, perempuan dan UMKM di daerah-daerah terdepan, terpencil dan tertinggal," ujarnya.

Prioritas utama dari kolaborasi Grab dan Emtek Group yakni memperluas digitalisasi hingga ke tingkat kabupaten di Indonesia. Saat ini 99% dari semua bisnis Tanah Air merupakan bisnis UMKM, tetapi hanya 21% yang memiliki akses digital.

Untuk itu, Grab dan Emtek Group akan menghadirkan Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan), sebuah program akselerator yang bersifat menyeluruh dan menargetkan UMKM di kota-kota tier 2 Indonesia.

Festival Kota Mapan pertama, akan diselenggarakan di Solo pada September 2021 dengan target 1.000 UMKM dan fokus pada program dukungan terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas mereka melalui program pelatihan yang dikurasi dan intensif, serta solusi teknologi yang dikostumisasi, didukung oleh Bukalapak, GrabFood , GrabKios, dan GrabMart.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia Teten Masduki menyatakan, agar UMKM dapat tetap bertahan dan terus berkembang di masa pandemi, diperlukan dukungan baik dari sektor publik maupun swasta.

"UMKM kita memiliki kemampuan yang mumpuni untuk menghasilkan produk yang inovatif dan berkualitas. Meskipun sebagian besar dari mereka berjuang menghadapi tantangan saat ini, ada peluang besar untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui transformasi digital," imbuhnya.

"Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM untuk bertransformasi ke digital pada tahun 2024, dan kami senang bahwa perusahaan seperti Grab dan Emtek Group telah mengambil langkah untuk berpartisipasi dalam membantu UMKM Tanah Air mentransformasikan kegiatan usaha mereka secara digital. Saya berharap kemitraan strategis antara Grab dan Emtek Group juga akan menjangkau lebih banyak UMKM termasuk para penyandang disabilitas dan wirausahawan lanjut usia," sambung Teten.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyatakan, Festival Kota Mapan melengkapi kolaborasi Emtek Group dan Grab yang telah terjalin. Grab bermitra dengan Bukalapak untuk menyediakan layanan-layanan seperti pengantaran secara instant dan same-day melalui GrabExpress, dan produk digital GrabKios seperti isi ulang pulsa di platform Mitra Bukalapak bagi pemilik kios di 500 kota.

Grab dan Emtek Group juga akan menjajaki peluang bersama untuk berinvestasi dan membimbing perusahaan start-up Indonesia, melalui KMK Online dan Grab Ventures Velocity. Minggu lalu, Grab dan platform streaming over-the-top Vidio meluncurkan penawaran paket GrabFood dengan voucher diskon Vidio Premier Platinum untuk 30 hari yang dapat diperoleh di aplikasi Grab.

"Masa depan era digital Indonesia yang cerah harus dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat. Grab dan Emtek Group memiliki visi yang sama dan pandangan yang selaras dengan pendekatan kami dalam membangun ekosistem terbuka guna membantu memecahkan sejumlah tantangan terbesar di Indonesia. Seiring dengan langkah Indonesia menuju Industry 4.0, kami berharap tidak ada satu orangpun yang tertinggal, dan telah menjadi komitmen bersama untuk membantu menciptakan peluang yang dapat menjangkau semua," ujarnya.

Sementara itu, Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono mengatakan, Emtek Group dan Grab percaya bahwa teknologi dapat menjadi kekuatan dalam menciptakan kebaikan untuk meningkatkan kehidupan dan mata pencaharian jutaan orang.

"Kami telah mengenal tim Grab Indonesia sejak lama dan menemukan bahwa kami memiliki tekad yang sama, yang didedikasikan untuk membuat kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi lebih baik melalui teknologi. Kami senang dapat bekerja sama dengan Grab untuk memperkuat infrastruktur digital dan membangun ekonomi digital Indonesia yang menjangkau semua," terangnya.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menyebutkan, kerja sama yang dijalin dengan Emtek Group menjadi pijakan awal untuk melangkah lebih jauh lagi.

"Komitmen kami untuk Indonesia semakin dalam, dan dukungan berkelanjutan dari para pemimpin Indonesia seperti Emtek Group kepada Grab Indonesia menunjukkan kepercayaan mereka terhadap strategi dan roadmap kami di Tanah Air. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak solusi digital untuk mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia," pungkasnya. (Mir/E-1)

Baca Juga

Antara

Malaysia Menahan Ekspor Sawit Mendorong Kenaikan Harga CPO

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 20 Januari 2022, 13:17 WIB
Tingginya konsumsi minyak sawit dalam negeri seiring dengan naiknya produktivitas dan juga aktivitas memberikan katalis positif bagi pelaku...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

DPR Minta Kemendag Perluas Distribusi Minyak Goreng Murah

👤 Sri Utami 🕔Kamis 20 Januari 2022, 13:16 WIB
Kemendag diminta segera memperluas kebijakan minyak goreng satu harga senilai Rp14 ribu kepada pasar-pasar tradisional untuk...
DOK PT TPA

TPA Dorong Transformasi Digital di Industri Kelapa Sawit

👤Widhoroso 🕔Kamis 20 Januari 2022, 13:06 WIB
PERUSAHAAN kelapa sawit dituntut meningkatkan efisiensi produksi secara berkelanjutan untuk pengembangan industri secara jangka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya