Kamis 22 Juli 2021, 14:45 WIB

Perpanganan Stimulus Listrik Bantu Masyarakat dan UMKM

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Perpanganan Stimulus Listrik Bantu Masyarakat dan UMKM

Dok.Ist
Paparan Perpanjangan Stimulus Listrik

 

DIREKTUR  Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan perpanjangan stimulus ketenagalistrikan yang diberikan pemerintah merupakan langkah tepat membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.
  
"Ini adalah bentuk kehadiran dan perhatian negara terhadap masyarakat yang sedang mengalami kondisi yang kurang baik," kata Mamit Setiawan dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Kamis (22/07).

Mamit menyebutkan ada empat keuntungan yang diberikan oleh stimulus listrik tersebut, yakni mengurangi beban masyarakat dan UMKM, menjadi penggerak perekonomian, menjaga daya beli masyarakat, dan keuangan PLN tidak terdampak. Sedangkan kerugian dari pemberian stimulus listrik itu menambah beban keuangan negara.

Menurutnya, UMKM dan industri kecil saat ini adalah salah satu yang sangat terpukul oleh pandemi karena secara otomatis bisnis dan usaha mereka terganggu. Pemberian stimulus listrik memberikan harapan bagi UMKM dan industri untuk kembali beraktivitas dan berproduksi guna meningatkan perekonomian masyarakat.

"Apa yang dilakukan oleh pemerintah saat ini dengan memberikan perpanjangan stimulus listrik yang dijalankan oleh PLN adalah suatu
kebijakan yang sudah tepat," tandas Mamit. 
  
Pemerintah mengalokasikan anggaran perpanjangan stimulus program ketenagalistrikan triwulan III dan IV 2021 sekitar Rp4,97 triliun, yaitu
triwulan III sekitar Rp2,43 triliun untuk 26,82 juta pelanggan dan triwulan IV sekitar Rp2,54 triliun untuk 27,12 juta pelanggan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi pembayaran subsidi dan stimulus listrik tahun ini kepada PT PLN (Persero) mencapai Rp26,5 triliun. 

“Terkait realisasi pembayaran subsidi listrik sampai Mei 2021 sebanyak Rp19,76 triliun, dan stimulus listrik sampai dengan semester I/2021 sebesar Rp6,74 triliun,” ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari dalam kesempatan yang sama. 

Ida berharap perpanjangan program stimulus ini dapat meringankan beban masyarakat dan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. 

“Kami berharap stimulus listrik dan PPKM tidak berlangsung lama, tidak lewat tahun. Perpanjangan stimulus ini kita tahu juga jadi beban APBN tersendiri. Kami berharap masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari yang telah diperbuat pemerintah,” tandasnya. (Ant/E-1)

Baca Juga

AFP/Johannes Eisele.

Harga Kedelai Dunia Berfluktuasi, Kemendag Jamin Harga Tetap Terjangkau

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:44 WIB
Fluktuasi harga kedelai diharapkan tidak menyurutkan para pengrajin tahu dan tempe untuk terus berproduksi agar masyarakat tetap dapat...
MI/RAMDANI

Subsidi Upah Pekerja Tahun Ini, Berikut Perubahan Persyaratannya

👤Mediaindonesia 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:33 WIB
Pertama, pada aspek kriteria calon penerima BSU, khususnya pada batasan gaji/upah, wilayah, serta sektor pekerjaan yang...
 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

LPEM UI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II 6,2%-6,7%

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 13:25 WIB
Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2021 akan tumbuh...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya